PELAYANAN SAPTA PESONA PARIWISATA JAWA TIMUR Studi Tentang Kesan dan Pengalaman Wisatawan Mancanegara dan Wisatawan Nusantara Terhadap Pelavanan Sapta Pesona Pariwisata di Jawa Timur

Herwanto Aryo Manggolo, MA, 130711134 (1992) PELAYANAN SAPTA PESONA PARIWISATA JAWA TIMUR Studi Tentang Kesan dan Pengalaman Wisatawan Mancanegara dan Wisatawan Nusantara Terhadap Pelavanan Sapta Pesona Pariwisata di Jawa Timur. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-manggoloma-35848-4.-ringk--.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
44071-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Secara rinci tujuan penelitian adalah ingin mengetahui: (1) Sumber informasi wisatawan mengenai daerah tujuan wisata Jawa Timur; (2) Jenis perjalanan wisata yang biasa dilakukan dan disukai wisatawan; (3) Obyek wisata di Jawa Timur yang disukai wisatawan; dan (4) Kesan dan pengalaman wisatawan terhadap pelayanan Sapta Pesona Pariwisata Jawa Timur. Dalam penelitian ini telah dilakukan wawancara terhadap 300 responden (150 wisatawan nusantara dan 150 wisatawan mancanegara). Lokasi penelitian di tiga daerah tujuan wisata yang populer di Jawa Timur, yakni: Bromo, Halang. dan Surabaya. Sampel penelitian dipilih secara aviability sampling. Dari hasil wawancara, beberapa temuan pokok penelitian ini adalah: (1) Sumber informasi tentang daerah wisata Jawa Timur umumnya diperoleh dari kontak personal dan bukan dari mass media; (2) Wisataan umum nya lebih menyukai melakukan perjalanan wisata dalam kelompuk kecil dan mengurus sendiri; (3) Wisatawan nusantara umumnya lebih menyukai keindahan fisik alam, sedangkan wisatawan mancanegara umumnya lebih menyukai keunikan adat-istiadat masyarakat lokal; (4) secara umum kesan wisatawan terhadap pelayanan Sapta Pesona sudah tergolong baik. Hanya saja untuk aspek membawa kenangan, khususnya ketersediaan souvenir dan kenyamanan transportasi masih menjadi keluhan utama.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK 338.479 15982 pel
Uncontrolled Keywords: PARIWISATA, PELAYANAN TEMPAT WISATA
Subjects: H Social Sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Herwanto Aryo Manggolo, MA, 130711134UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 20 Sep 2016 09:08
Last Modified: 28 Dec 2017 00:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/44071
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item