IDENTIFIKASI TARAF PENGEMBANGAN PENELITIAN DI LlNGKUNGAN STAF PENGAJAR UNIVERSITAS AIRLANGGA TAHUN 1980 -1982

H.A Soeparmo, Drs.,MS and Puruhito, Dr.med and Aisyar Halim, Bc.Kn and Djoko Suyono and Sri Roekamti, Ny (1984) IDENTIFIKASI TARAF PENGEMBANGAN PENELITIAN DI LlNGKUNGAN STAF PENGAJAR UNIVERSITAS AIRLANGGA TAHUN 1980 -1982. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-drshasoepa-32579-12.abstr-.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-res-2014-drshasoepa-3257f.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan fakta bahwa: eksistensi universitas airlangga sebagai institusi telah berusia lebih dari 25 tahun; pembinaan kegiatan penelitianya dilakukan secara berkelanjutan baik yang dilakukan oleh fakultas, badan koordinasi riset, dan pusat penelitian sebelum tahun 1980 maupun oleh lembaga penelitian menurut ketentuan PP nomor 5 tahun 1980; arah pengembangan penelitian menurut azas-azas pengelolaan penelitian di perguruan tinggi direktorat jenderal pendidikan tinggi telah diinformasikan kepada staf pengajar, lembaga penelitian universitas airlangga telah berusaha menjawab masalah: 1.)apakah pembinaan yang dilakukan oleh lembaga penelitian berpengaruh terhadap peningkatan potensi penelitian di universitas airlangga 2.)jika berpengaruh, sampai seberapa tinggi pengaruh itu terhadap potensi penelitian, ditinjau dari aspek: a.penyebaran potensi peneliti menurut jenis fakultas b.penyebaran potensi peneli1;i lIIenurut status akademik, c.keragaman Sasaran penelitian menurut bidang minat keilmuan staf pengajar d.keragaman janis penelitian menurut kategori penelitian DP3M dengan studi dokumenter dan instrumen analisis telah diteliti 52 usul dan laporan penelitian yang te1ah dilaksanakan oleh staf pengajar antara tahun 1980-1982 untuk meng~ ji hipo tesis penelitian (I). Potensi penelitian di Universitas Airlangga meningkat sosuai dengan fungsi pembinaan yang berkesinambungan. (2). Meningkatnya potensi penelitian di Universitas Airlangga disertai dengan peningkatan dalam aspek : a.penyebaran potensi peneliti menurut fakultas, b.penyebaran potensi peneliti menurut tenuritas, c.keragaman sasaran penelitian, d. keragaman kategori penelitian Melalui uji perbandingan dengan data penelitian sebe1um tahun 1980 dan analisis porporsional terhadap indikator peningkatan potensi diperoleh kesimpulan bahwa hipotesis teruji kebenarannya dengan pengertian sebagai berikut : (l). Pembinaan penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian sesudah tahun 1980 telah mempengaruhi perubahan iklim penelitian dengan indikasi : peningkatan potensi penelitian ; meratanya penyeharan penelitian menurut fakultas dan tenuritas, dan meningkatnya keragaman penelitian menurut kategori dan jenis penelitian. (2). Kelemahan-kelemahan yang masih perlu diperbaiki meli~ puti : a. relevansi antara kegiatan penelitian dengan upaya peningkatan perkembangan disiplin keilmuan ; b.partisipasi staf pengajar senior dalam membina potensi pencliti. c.pembinaan penelitian kategori II dan IV yang bersifat institusiona1 dan berorientasi pada pengembangan i1mu dan pembangunan.

Item Type: Other
Additional Information: KK 001.4 Ide 3
Uncontrolled Keywords: Penelitian, Staf Pengajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1705-2286 Education and training of teachers and administrators > LB1805-2151 State teachers colleges
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education
Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
H.A Soeparmo, Drs.,MSUNSPECIFIED
Puruhito, Dr.medUNSPECIFIED
Aisyar Halim, Bc.KnUNSPECIFIED
Djoko SuyonoUNSPECIFIED
Sri Roekamti, NyUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 21 Sep 2016 06:21
Last Modified: 21 Sep 2016 06:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/44216
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item