APLIKASI MEMBRAN KITOSAN DARI LIMBAH CANGKANG UDANG CROSSLINK GLUTARALDEHID PADA PRODUKSI BIODIESEL DARI MINYAK NYAMPLUNG

Siti Wafiroh, S.Si., M.Si and Abdulloh, S.Si., M.Si (2013) APLIKASI MEMBRAN KITOSAN DARI LIMBAH CANGKANG UDANG CROSSLINK GLUTARALDEHID PADA PRODUKSI BIODIESEL DARI MINYAK NYAMPLUNG. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-wafirohsit-32737-3.ringka-n.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2014-wafirohsit-32737-18full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengembangan biodiesel berkualitas tinggi dari bahan renewable resources dari kekayaan alam Indoneia sangat diperlukan untuk mendukung program pemerintah terhadap penghematan BBM yang tidak tergantung energi fosil dan hasil impor. Biodiesel yang berkualitas tinggi sesuai standar ASTM sangat perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja mesin dan menghindari kerusakan mesin akibat bahan pengotor. Gliserol adalah salah satu bahan pengotor biodiesel yang dapat mempengaruhi daya tahan mesin, karena pembentukan deposit pada nozel injeksi dan piston. Selain itu pembakaran gliserol dapat menyebabkan terbentuknnya akrolein, yaitu bahan asap fitokimia yang sangat berbahaya. Target khusus penelitian ini adalah memproduksi biodiesel berkualitas tinggi sesuai standar ASTM menggunakan membran kitosan dari limbah cangkang udang crosslink glutaraldehid serta mempermudah perolehan gliserol. Pada penelitian ini biodiesel disintesis dari minyak nyamplung melalui dua tahap, yaitu esterifikasi menggunakan katalis H2SO4 dilanjutkan reaksi transesterifikasi menggunakan katalis KOH. Pemurnian biodiesel dilakukan dengan membran kitosan dari limbah cangkang udang crosslink glutaraldehid. Limbah cangkang udang setelah kering dilakukan deproteinasi, demineralisasi, depigmentasi dan deasetilasi untuk mendapatkan kitosan sebagai bahan baku membran. Karakterisasi kitosan meliputi : uji kelarutan, penentuan berat molekul rata-rata (BM) dan penentuan Derajat Deaselasi (DD) dengan FTIR. Membran kitosan crosslink kitosan dibuat dengan variasi komposisi pembentuk membrannya. Membran yang diperoleh dikarakterisasi dengan uji tarik, FTIR, DSC dan SEM. Biodiesel yang diperoleh dikarakterisasi sesuai standar ASTM.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP.35-14 Waf a
Uncontrolled Keywords: membran kitosan,udang crosslink, produksi biodiesel, minyak nyamplung
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi
Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Siti Wafiroh, S.Si., M.SiUNSPECIFIED
Abdulloh, S.Si., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 10 Oct 2016 02:03
Last Modified: 20 Jun 2017 18:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/44294
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item