PRODUKSI PREBIOTIK ENZIM LIGNOSELULASE DAN APLIKASINYA DALAM BIODEGARADI JERAMI PADI SEBAGAI STRATEGI PEMBERIAN PAKAN SAPI POTONG UNTUK MENINGKATKAN KETAHANAN PANGAN

Ni Nyoman Tri Puspaningsih, Prof. Dr., Dra., M.Si (2013) PRODUKSI PREBIOTIK ENZIM LIGNOSELULASE DAN APLIKASINYA DALAM BIODEGARADI JERAMI PADI SEBAGAI STRATEGI PEMBERIAN PAKAN SAPI POTONG UNTUK MENINGKATKAN KETAHANAN PANGAN. F.SAINTEK, SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemerintah mencanangkan swasembada daging sapi pada tahun 2014. Strategi yang diterapkan Departemen Pertanian untuk mencapainya adalah dengan meningkatkan populasi sapi potong 1,5 - 2 juta ekor/tahun. Peningkatan jumlah ternak membutuhkan hijauan pakan ternak dalam jumlah besar, sedangkan terbatasnya hijauan pakan akan menurunkan tingkat produktivitas ternak, hal ini memberi peluang jerami padi sebagai pakan ternak alternatif. Kelemahan jerami padi sebagai pakan ternak adalah kandungan gizi serta kecernaan yang rendah, serta kemungkinan adanya anti-nutrisi sehingga perlu diolah sebelum digunakan sebagai pakan ternak. Selulosa dan hemiselulosa merupakan mayoritas struktur polisakarida limbah pertanian dengan jumlah sekitar 70%. Molekul selulosa dan hemiselulosa merupakan polisakarida dengan ikatan ß-1-4 glikosidik yang sulit dicerna sapi potong sehingga kecernaan jerami padi menjadi rendah. Kelompok enzim lignoselulase dapat mendegradasi ikatan lignoselulosa jerami padi menjadi disakarida sederhana yang berpotensi sebagai intake energi tercerna untuk peningkatan produktivitas ternak ruminansia. Penelitian ini secara keseluruhan bertujuan untuk memecahkan masalah rendahnya daya cerna ternak ruminansia terhadap serat kasar terutama yang berasal dari jerami padi dengan menggunakan bioteknologi enzim lignoselulase yang telah berhasil diisolasi dan dikarakterisasi oleh tim pengusul, selanjutnya enzim lignoselulase akan digunakan sebagai prebiotik dengan biaya murah dan ekonomis untuk proses enzimatis jerami padi untuk meningkatan nilai nutrisi jerami sebagai upaya meningkatkan produktivitas ternak ruminansia (sapi potong) .

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP.52-14 Pus p
Uncontrolled Keywords: jerami padi, enzim lignoselulase. ß-1-4 glikosidik
Subjects: Q Science
Divisions: Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Ni Nyoman Tri Puspaningsih, Prof. Dr., Dra., M.SiUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 27 Sep 2016 02:08
Last Modified: 27 Sep 2016 02:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/44333
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item