Persepsi Terhadap Suku, Agama, Daerah dalam Pergaulan dan Pemilihan Pasangan (Studi Observasi pada Mahasiswa Pengikut Mata Ajaran Psikologi Lintas Budaya Semester 1989/1990)

Ema Agus Subekti, - (1991) Persepsi Terhadap Suku, Agama, Daerah dalam Pergaulan dan Pemilihan Pasangan (Studi Observasi pada Mahasiswa Pengikut Mata Ajaran Psikologi Lintas Budaya Semester 1989/1990). F.PSIKOLOGI, SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
2. Binder1..pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

~asalah Penelitian:Apakah ada kesamaan persepsi pemilihan pasangan )erbeda Suku, Agama. Jenis Kelamin dan Daerah walaupun mempunyai [ntelegensi sama s erta Fisik yang lebih menarik pada lawan pasangan nereka ? Tujuan Penelitian : Dalam penelitian yang begitu sederhana ini (dibandingkan dengan persoalan yang sebenarnya yang begitu komplek, dikarenakan menyangkut SARA). kami sebagai peneliti ingin mengetahui apakah ada kesamaan persepsi antara masyarakat ·awam dan. mahasiswa dalam pemilihan pasangan yang berbeda dalam hal S(uku),A(gama),R(as),dan A(ntar Golongan). Selama ~n1 ada anggapan bahwa masyarakat elit mahasiswa yang telah menerima pengetahuan yang rasional dapat berfikir secara obyektif termasuk dalam pemilihan pasangan. Selain itu, juga ingin memberikan umpan balik para. mahasiswa dan seluruh staff pengajar Perguruan Tinggi tentang pemilihan pasangan yang berbeda dalam SARA. Apakah pemilihan pasangan ini, dalam kehidupan kita yang serba komplek, bisa dibuat obyektif, bebas nilai seperti ilmu itu aendiri. Metodologi Peneli~ian: Untuk Mengetahui Metodologi Penelitian tersebut kam i ingin membahas penarikan sampel. j umlah sampel, lokasi penelitian, sumber dat~, metode, pengumpulan data dan analisa data. Penarikan sampel: sampel sama dengan populasi, maksudnya seluruh populasi juga dijadikan sampel karena seluruh pengikut Psikologi Lintas Budaya dijadikan responden dan sampel sekaligus. Jumlah sampel 128 mahasiswa yang terdiri dari Program Studi Psikologi, Hubungan Internasional, Politik dan Satra Inggris serta Sastra Indonesia .Lokasi penelitian adalah ruang t empat diberikan mata ajaran Psikologi Lintas Budaya yaitu Ruang 302 Program Studi Psikologi-Fisip-Unair .Sumber data bersifat primer, langsung dari sampel bukan dari dukumentasi. Metode Pengumpulan data dengan menggunakan angket, analisa datanya dengan ·metode kualitatif dalam bentuk frequensi disertai analisa dan sintesa. Kesimpulan dan Saran: Responden 46% melih pasangannya harus empedulikan faktor SARA. Responden 30% memilih pasangannya tidak mempedulikan SARA yang penting SUKA SAMA SUKA. Responden 24% tertarik menjadikan pasangannya tanpa memandang agama tetapi memandang suku,daerah dan sebaliknya. Individu bukan sekedar individu itu sendiri tetapi kepanjangan dari lingkungannya , dalam hal pemilihan pasangan.Saran~ Pembauran dalam hal ·pemilihan pasangan, ternyata bukan sekedar perkawinan saja .Hal ini perlu dijadikari variabel perantara oleh. peneliti lain yanl inlin memperluas dan memperdalam dalam pemilihan pasangan.

Item Type: Other
Additional Information: KKS KK 155.82 Per
Uncontrolled Keywords: Suku, Agama, Daerah,Pasangan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsEmail
Ema Agus Subekti, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2016 08:47
Last Modified: 12 Jun 2017 20:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/44362
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item