PENGARUH PERILAKU PEMBELIAN HEDONIC DAN UTILITARIAN TERHADAP STORE LOYALTY DI GERAI FASHION MATAHARI DEPARTMENT STORE SURABAYA

Sintesa Wahyu Ovian, 040419028 (2008) PENGARUH PERILAKU PEMBELIAN HEDONIC DAN UTILITARIAN TERHADAP STORE LOYALTY DI GERAI FASHION MATAHARI DEPARTMENT STORE SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-oviansinte-8975-b20708-k.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
4437.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Belanja saat ini bukan lagi sekedar sebuah kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidup tetapi juga telah menjadi sebuah gaya hidup. Orientasi belanja dapat dikategorikan menjadi 2, yaitu : orientasi utilitarian dan orientasi hedonic. Mengetahui kebiasaan belanja konsumen kemudian mengkategorikannya cukup membantu pemasar karena dengan tipe perilaku pembelian hedonic, pemasar dapat menciptakan berbagai stimuli agar konsumen mendapatkan kenyamanan fisik dan sosial selama berbelanja jadi apabila hedonic merasakan kesenangan selama berbelanja, perilaku pembelian hedonic dapat menciptakan store loyalty. Sedangkan untuk perilaku pembelian dengan tipe utilitarian, pemasar dapat memberikan pilihan produk fashion yang variatif agar utilitarian dapat menemukan produk fashion yang dibutuhkan dengan mudah sehingga utilitarian tidak merasa kecewa jika tidak menemukan produk_fashion. Berdasarkan fenomena diatas, dirumuskan dalam dua pertanyaan, Apakah perilaku pembelian hedonic mempunyai pengaruh terhadap store loyalty di gerai fashion Matahari Dept Store Surabaya? Apakah perilaku pembelian utilitarian mempunyai pengaruh terhadap store loyalty di gerai fashion Matahari Dept Store Surabaya? Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yang menitik beratkan pada uji hipotesis. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik analisis regresi berganda menggunakan SPSS 11.5. Berdasarkan hasil analisis, perilaku pembelian hedonic berpengaruh signifikan terhadap store loyalty di gerai fashion Matahari Department Store Surabaya dan perilaku pembelian utilitarian tidak berpengaruh signifikan terhadap store loyalty di gerai fashion Matahari Department Store Surabaya karena nilai significance diatas 5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 207/08 Ovi p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; EMOTIONS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM811-821 Deviant behavior. Social deviance
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV3025-3174 Special classes. By occupation > HV3165-3173 Shop women, clerks, etc.
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Sintesa Wahyu Ovian, 040419028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTanti Handriana, SE.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 27 Jan 2009 12:00
Last Modified: 06 Jul 2017 17:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4437
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item