Kontribusi Rekrutmen Politik Partai Terhadap Perumusan Kebijakan Publik Era Otonomi Daerah : Studi Kasus PPP dan PKB Sampang Pasca Pemilu 2009

Kris Nugroho, 0030036204 (2013) Kontribusi Rekrutmen Politik Partai Terhadap Perumusan Kebijakan Publik Era Otonomi Daerah : Studi Kasus PPP dan PKB Sampang Pasca Pemilu 2009. FISIP UNAIR, SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menemukan bahwa kontribusi rekrutmen politik calon anggota legislatif dari PPP dan PKB Kabupaten Sampang, Madura terhadap munculnya prioritas-prioritas kebijakan publik daerah pasca pemilu 2009 rendah. Argumen dasar penelitian ini adalah anggota legislatif yang direkrut partai politik diasumsikan akan memperjuangkan program-program partai yang ditawarkan semasa kampanye menjadi agenda-agenda kebijakan publik. Namun temuan menunjukkan bahwa calon di kedua partai tenggelam oleh dominasi pendekatan pencalonan model klientilistik berpusat pada ketokohan dan jaringan sosio kultural, seperti kerabat dan jaringan pribadi calon. Gejala ini berdampak pada calon terpilih di legislatif yang gagal merealisasi program-program kampanye menjadi alternatif kebijakan publik. Bahkan program-program partai yang dijanjikan pada masa kampanye belum menjadi agenda-agenda kebijakan untuk diperjuangkan. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa rekrutmen politik calon anggota legislatif tidak berkontribusi terhadap munculnya agenda-agenda kebijakan publik yang seharusnya diperjuangkan calon terpilih melalui pelembagaan agenda-agenda konstituensi partai.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 LP. 34-14 Nug k
Uncontrolled Keywords: rekrutmen politik, partai politik, pemilihan umum dan kebijakan publik.
Subjects: J Political Science
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Kris Nugroho, 0030036204UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email nafisa@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2016 06:38
Last Modified: 20 Sep 2016 06:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/44465
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item