PENGARUH PENGGUNAAN ATTRIBUTE FRAMING TERHADAP PERSEPSI ATAS KUALITAS PRODUK DAN SIKAP PADA PRODUK MINUMAN SARI BUAH

Seipattiseun, Glorya Natallyna, NIM. 040419060 (2008) PENGARUH PENGGUNAAN ATTRIBUTE FRAMING TERHADAP PERSEPSI ATAS KUALITAS PRODUK DAN SIKAP PADA PRODUK MINUMAN SARI BUAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-seipattise-8614-b20608-k.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
4464.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Karakteristik dasar dari sebuah penjualan adalah bagaimana pemasar dapat mengkomunikasikan informasi dari atribut-atribut yang menyusun sebuah produk yang dapat membedakan produk dengan pesaingnya. Salah satu cara yang dapat digunakan oleh pemasar untuk menginformasikan atribut produknya adalah dengan menggunakan attribute _framing. Pemasar dapat memilih salah satu dari dua jenis framing yang ada. Apakah akan menggunakan positive framing atau negative framing karena kedua framing tersebut dapat menghasilkan serangkaian reference value yang unik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positive framing dan negative framing terhadap persepsi konsumen atas kualitas produk dan sikap konsumen terhadap produk minuman sari buah rasa stroberi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan between-subject design untuk mengetahui pengaruh dari kedua framing dan within-subject design untuk mengetahui pengaruh kedua framing pada saat sebelum dan setelah konsumen memiliki pengalaman dengan produk. Framing yang digunakan dalam penelitian ini adalah 95% sugar free sebagai positive framing dan 5% sugar sebagai negatif framing. Secara umum, kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah tidak terjadi framing effects dalam penggunaan attribute framing pada kemasan minuman sari buah rasa stroberi. Melalui pendekatatan kualitatif diketahui bahwa penyebab tidak munculnya framing effects ini adalah karena adanya penggunaan reference sets yang serupa yang digunakan oleh responden dalam menilai kedua framing. Dari penelitian kualitatif tersebut juga diketahui bahwa selain dipengaruhi oleh reference set, tidak munculnya framing effects juga dipengaruhi oleh pengalaman dan preferensi dari responden terhadap framing yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 206/08 Sei p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Seipattiseun, Glorya Natallyna, NIM. 040419060UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSri Gunawan, DBAUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 18 Feb 2009 12:00
Last Modified: 09 Jul 2017 23:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4464
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item