PERBANDINGAN KINERJA KARYAWAN BAGIAN PEMASARAN DANA PIHAK KETIGA PT. BANK X DI SURABAYA PADA PERIODE DIBERLAKUKANNYA PROGRAM INSENTIF TAHUN 2005 DAN PROGRAM INSENTIF TAHUN 2006

Trisnawati, Yulia, NIM. 040530961 (2008) PERBANDINGAN KINERJA KARYAWAN BAGIAN PEMASARAN DANA PIHAK KETIGA PT. BANK X DI SURABAYA PADA PERIODE DIBERLAKUKANNYA PROGRAM INSENTIF TAHUN 2005 DAN PROGRAM INSENTIF TAHUN 2006. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-trisnawati-8631-b21508-k.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (fulltext)
4489.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sumber daya manusia merupakan aset terpenting dari perusahaan. Pengelolaan secara tepat akan dapat mendukung upaya perusahaan untuk mencapai tujuannya baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Oleh sebab untuk menggerakkan sumber daya manusia berbagai kebijakan ditempuh, salah satunya adalah menggunakan sistem kompensasi berdasarkan orientasi pencapaian hasil atau yang sering disebut dengan insentif Penelitian ini di desain menjadi 2 bagian, yaitu melakukan uji perbandingan antara kinerja pada dua kebijakan insentif yang diterapkan oleh PT. Bank X, di Surabaya. Program tersebut adalah "Program Insentif I" yang berlaku tahun 2005 dan "Program Insentif II" yang berlaku tahun 2006. Selain itu penelitian ini juga di desain untuk mengukur kekuatan hubungan antara kebijakan insentif dengan kinerja. Sampel penelitian adalah tenaga pemasaran dana pihak ketiga dengan total sampel yang diambil sebanyak 30 orang. Teknik analisa menggunakan pendekatan independent t test dan korelasi Pearson. Hasil penelitian ini membuktikkan bahwa kinerja baik menurut account maupun amount atas tabungan dan giro pada karyawan bagian pemasaran dana pihak ketiga PT. Bank X berbeda secara signifikan antara "Program Insentif I" tahun 2005 dan "Program Insentif II" tahun 2006. Dilihat dari pengukuran rata-rata kinerja karyawan bagian pemasaran dana pihak ketiga pada tahun 2006 ketika diberlakukan kebijakan "Program Insentif II" lebih baik dari "Program Insentif I" tahun 2005. Nilai t hitung pada account sebesar -4,623 dengan signifika.nsi 0,000. Sedangkan t hitung pada amount sebesar 4,425 dengan signifikansi 0,000. Kebijakan insentif yang diberlakukan Bank X pada tahun 2005 maupun tahun 2006 terbukti berkorelasi positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan bagian pemasaran dana pihak ketiga baik menurut ukuran account maupun amount atas tabungan dan giro. Koefisien korelasi antara program insentif tahun 2005 didapatkan nilai r 0,961 terhadap account dan 0,886 terhadap amount. Sedangkan pada tahun 2006 didapatkan nilai r 0,988 terhadap account dan 0,951 untuk amount. Perbandingan korelasi antara dua program tersebut menunjukkan bahwa "Program Insentif II" pada tahun 2006 lebih kuat berpengaruh terhadap peningkatan kinerja karyawan bagian pemasaran dana pihak ketiga baik menurut account maupun amount atas tabungan dan giro.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 215/08 Tri p
Uncontrolled Keywords: ORGANIZATIONAL BEHAVIOR; INCENTIVES IN INDUSTRY
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
Trisnawati, Yulia, NIM. 040530961UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndang Purnomowati, Dra. Ec.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 03 Mar 2009 12:00
Last Modified: 10 Jul 2017 23:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4489
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item