PENGARUH PERCEIVED HUMOR DALAM IKLAN TV TERHADAP SIKAP PEMIRSA IKLAN SEPEDA MOTOR YAMAHA DI SURABAYA

Jati, Galih Mahendra, NIM. 040214460 E (2009) PENGARUH PERCEIVED HUMOR DALAM IKLAN TV TERHADAP SIKAP PEMIRSA IKLAN SEPEDA MOTOR YAMAHA DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-jatigalihm-10268-b8809-t.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
4507.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Iklan merupakan bagian dari promosi yang memiliki peranan penting bagi pemasar dan perusahaan dalam memasarkan serta mengkomunikasikan produk mereka kepada konsumen. Dalam iklan sendiri terdapat dua macam appeals yang sering digunakan dalam mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan yaitu rational / factual appeals dan emotional appeals. Humor merupakan salah satu emotional appeals yang paling sering digunakan dalam iklan. Dalam hal product campaign, iklan-iklan mini sinetron “Keluarga Yamaha” yang dibintangi oleh Komeng, Deddy Mizwar, Didi Petet, Thessa Kaunang, dan kawan-kawan sangat disukai khalayak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived humor dalam iklan TV terhadap sikap pemirsa iklan sepeda motor Yamaha di Surabaya, baik secara simultan maupun parsial. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perceived humor yang terdiri dari surprise (X1), ease of incongruity resolution (X2), dan warmth (X3), serta sikap pemirsa iklan sepeda motor Yamaha di Surabaya sebagai variabel tergantungnya (Y). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Setelah proses pengolahan data, maka diperoleh persamaan sebagai berikut: Y = 1.170 + 0.506X1 + 0.307X2 – 0.184X3 + e Berdasarkan hasil analisis, diperoleh kesimpulan bahwa perceived humor yang terdiri dari surprise, ease of incongruity resolution, dan warmth secara parsial memiliki pengaruh terhadap sikap pemirsa iklan sepeda motor Yamaha di Surabaya. Dimana variabel surprise memiliki pengaruh yang paling dominan di antara kedua variabel bebas lainnya, sedangkan variabel warmth memiliki pengaruh yang paling rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B.88/09 Jat p
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING � TELEVISION PROGRAMS; CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
Jati, Galih Mahendra, NIM. 040214460 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDwi Utami S, Dra. Ec. Hj., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 10 Jun 2009 12:00
Last Modified: 11 Jul 2017 15:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4507
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item