Makna Hijab atau Jilbab di Kalangan Mahasiswa Universitas Airlangga (Studi Deskriptif di Kalangan Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan IImu Politik Universitas Airlangga Surabaya)

FIRZA RISTINOVA, 071117044 (2016) Makna Hijab atau Jilbab di Kalangan Mahasiswa Universitas Airlangga (Studi Deskriptif di Kalangan Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan IImu Politik Universitas Airlangga Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.ANT.33-16 Ris m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Busana muslim hijab atau jilbab sering dibilang ketinggalan zaman oleh kebanyakan orang. Tetapi semenjak adanya desainer, media sosial, dan komunitas yang mengusung hijab dan jilbab, kini busana muslim hijab atau jilbab banyak digemari oleh wanita muslimah khususnya pada mahasiswi FISIP UNAIR. Sehingga mahasiswi FISIP UNAIR mengubah gaya berpakaian dan kerudung mereka menjadi modern. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini ialah apa yang melatarbelakangi mahasiswi FISIP UNAIR memakai busana muslimah hijab atau jilbab dengan apa makna hijab atau jilbab bagi para mahasiswi pemakai di FISIP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latarbelakang mahasiswi FISIP UNAIR memakai busana muslimah hijab atau jilbab dan untuk mengetahui makna hijab atau jilbab yang dikenakan oleh mahasiswi FISIP UNAIR. Lokasi penelitian ini berada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga Surabaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tafsir budaya Cliffort Geertz bahwa hijab atau jilbab digunakan oleh mahasiswi FISIP UNAIR untuk menyampaikan suatu pesan kepada orang Islam dan orang lain, bahwa dirinya adalah orang Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan penelitian ini bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan observasi, wawancara, dokumen serta studi pustaka dan informan dipilih secara purposive. Hasil penelitian ini ialah latar belakang mahasiswi FISIP UNAIR memakai hijab atau jilbab ialah kesadaran diri, keyakinan dan pengaruh lingkungan seperti keluarga dan teman. Mahasiswi FISIP UNAIR dalam memahami pemaknaan hijab atau jilbab ialah dengan memakai busana muslim yang sesuai dengan prinsip berbusana muslim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.ANT.33/16 Ris m
Uncontrolled Keywords: Agama, Busana Muslim, Hijab atau Jilbab, Makna Hijab atau Jilbab,Prinsip berbusana muslim, dan tren.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP174-190 The practice of Islam
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FIRZA RISTINOVA, 071117044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBudi Setiawan, Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 13 Sep 2016 02:04
Last Modified: 18 Mar 2018 23:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45174
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item