ADAPTASI PEMUDA PETANI TEMBAKAU PADA MUSIM KEMARAU DAN HUJAN DI DUSUN TATTAT, DESA PATARONGAN, KECAMATAN TORJUN, KABUPATEN SAMPANG

DIKA BAGUS HARIPRASETYO, 071211733021 (2016) ADAPTASI PEMUDA PETANI TEMBAKAU PADA MUSIM KEMARAU DAN HUJAN DI DUSUN TATTAT, DESA PATARONGAN, KECAMATAN TORJUN, KABUPATEN SAMPANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.ANT.35-16 Har a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Regenerasi petani menjadi hal yang penting bagi keberlangsungan perkebunan tembakau.Kesiapan pemuda petani sangat penting bagi petani tembakau di Dusun Tattat.Fenomena ini menarik diteliti. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses pewarisan budaya bertani tembakau kepada pemuda petani ketika mereka berada pada tahap SD dan SMP dan bagaimana adaptasi pemuda petani tembakau pada musim penanaman tembakau (kemarau) dan bukan musim penanaman tembakau (hujan) di Dusun Tattat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan adaptasi pemuda petani tembakau pada musim kemarau dan hujan di Dusun Tattat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif/etnografi.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, wawancara mendalam. Data kualitatif yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Teori Wujud Kebudayaan dari Koentjaraningrat dan Teori Ekologi Budaya dari Julian Steward. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pewarisan budaya bertani tembakau kepada pemuda petani ketika mereka berada pada tahap SD berupa sosialisasi tentang pengenalan alat – alat perkebunan tembakau. Sosialisasi ketika SMP, pemuda petani tembakau mulai disosialisasikan tentang pentingnya keberlangsungan perkebunan tembakau sebagai sumber ekonomi dan aset bagi keluarga. Adaptasi pemuda petani tembakau di Dusun Tattat berupa adaptasi pada setiap prosesnya yaitu proses pembibitan, penanaman, perawatan, pemanenan, pengolahan, penjualan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.ANT.35/16 Har a
Uncontrolled Keywords: Regenerasi, Pewarisan Budaya, Pemuda Petani, Adaptasi
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS2220-2283 Tobacco industry
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DIKA BAGUS HARIPRASETYO, 071211733021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRetno Andriati, Dr., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 13 Sep 2016 02:13
Last Modified: 13 Sep 2016 02:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45176
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item