PERKUMPULAN PEMUDA JONG SITUBONDO : DALAM PERSPEKTIF FUNGSIONALME MALINOWSKI

HUSNUL KHOTIMAH, 071211732018 (2016) PERKUMPULAN PEMUDA JONG SITUBONDO : DALAM PERSPEKTIF FUNGSIONALME MALINOWSKI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.ANT.36-16 Kho p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu masalah pendidikan di Kabupaten Situbondo adalah rendahnya lulusan Sekolah Menengah Atas dan sederajat yang tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan fungsi Perkumpulan Pemuda Jong Situbondo dalam mengenalkan dunia perguruan tinggi kepada siswa-siswi SMA/SMK/MA di Kabupaten Situbondo. Untuk mencapai tujuan yang diinginkan peneliti menggunakan beberapa tahapan diantaranya metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif, tahap selanjutnya adalah pengumpulan data dengan menggunakan tiga teknik yakni observasi (pengamatan), wawancara dan bahan dokumen dan dokumentasi. Tahap terakhir adalah menganalisis tentang bentuk partisipasi perkumpulan pemuda Jong Situbondo dalam mengenalkan dunia Perguruan Tinggi kepada siswa-siswi SMA/SMK/MA di Kabupaten Situbondo dengan Teori Fungsionalisme dari Malinowski. Hasil penelitian adalah tiga fungsi Perkumpulan Pemuda Jong Situbondo dalam mengenalkan dunia perguruan tinggi pada siswa-siswi SMA/SMK/MA di Kabupaten Situbondo, yaitu a) fungsi partisipasi, b) fungsi sosialisasi, c) fungsi motivasi. Perkumpulan Pemuda Jong Situbondo melakukan empat jenis bentuk kegiatan yang dikemas dalam acara Festival Pendidikan Situbondo dalam memberikan informasi pendidikan tinggi di kalangan siswa-siswi SMA/SMK/MA di Kabupaten Situbondo diantaranya yaitu a) Simulasi SBMPTN, b) Pameran Universitas, c) Seminar Pendidikan, dan d) Roadshow Universitas. Seluruh rangkaian kegiatan tersebut memiliki fungsi untuk mengenalkan dan memberikan informasi tentang dunia perguruan tinggi kepada siswa-siswi SMA/SMK/MA, guru, maupun orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.ANT.36/16 Kho p
Uncontrolled Keywords: Jong Situbondo, motivasi, partisipasi, sosialisasi
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
HUSNUL KHOTIMAH, 071211732018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRustinsyah, Dr., Drs. M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 13 Sep 2016 02:33
Last Modified: 13 Sep 2016 02:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45177
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item