TRANSFORMASI PRODUK SENI VISUAL JALANAN (Studi Deskriptif Perubahan Kesenian Mural Menjadi Desain Dekorasi Ruang Publik Pada Komunitas Visual Jalanan di Kota Surabaya)

ATHIA HISBI ALAMANDA, 071211731004 (2016) TRANSFORMASI PRODUK SENI VISUAL JALANAN (Studi Deskriptif Perubahan Kesenian Mural Menjadi Desain Dekorasi Ruang Publik Pada Komunitas Visual Jalanan di Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (871kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.ANT.41-16 Ala t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul transformasi produk seni visual jalanan sebagai deskripsi perubahan mengenai kesenian mural menjadi desain dekorasi ruang publik pada komunitas visual di kota Surabaya. Bertujuan untuk melihat sejauh mana bentuk karya yang dihasilkan oleh beberapa komunitas mural dapat bersinergi dengan masyarakat dan pemerintah kota untuk pembangunan tatanan ruang publik yang lebih apik dalam meningkatkan obyek tempat baru secara sektor pariwisata. Peneliti menanggap penelitian ini penting karena seni visual jalanan memiliki cerita dan realitas yang menarik untuk dipublikasikan. Penelitian ini dilakukan di kota Surabaya menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskfriptif dengan menggunakan teknik wawancara mendalam dengan beberapa informan dari tiga komunitas yang berbeda. Penelitian ini dilakukan menggunakan konsep modernisasi dari Herbert Spencer untuk menganalisis hasil temuan data. Hasil penelitian menunjukkan perilaku seniman terpengaruh oleh pembaharuan teknologi yang menghasilkan produk seni yang lebih apik sehinggga publik dapat mengapresiasi dan hasil karya perupa dapat menstranformasikan menjadi gambar untuk memperindah suasana tatanan publik menjadi galeri kota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.ANT.41/16 Ala t
Uncontrolled Keywords: seni visual jalanan, kota, kesenian, perubahan
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ATHIA HISBI ALAMANDA, 071211731004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorPudjio Santoso, Drs., M. SosioUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 13 Sep 2016 03:05
Last Modified: 13 Sep 2016 03:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45182
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item