STUDI DESKRIPTIF TENTANG MAKNA SITUS KOLAM SEGARAN BAGI MASYARAKAT DI DESA TROWULAN, KECAMATAN TROWULAN, KABUPATEN MOJOKERTO

YUWAN ARENA SEPTA, 071211732013 (2016) STUDI DESKRIPTIF TENTANG MAKNA SITUS KOLAM SEGARAN BAGI MASYARAKAT DI DESA TROWULAN, KECAMATAN TROWULAN, KABUPATEN MOJOKERTO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (787kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.ANT.44-16 Sep k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Globalisasi memberikan kemudahan teknologi yang menyebabkan masyarakat khususnya generasi muda kurang memperdulikan nilai luhur Bangsa Indonesia. Terlihat dari bagaimana generasi kita menghargai situs bersejarah. Kolam Segaran sebagai salah satu situs bersejarah dan benda cagar budaya memiliki nilai sejarah yang tinggi karena berperan besar dalam peradaban Kerajaan Majapahit. Kolam Segaran memiliki pergeseran fungsi yang berbeda dari awal pembangunannya pada masa Kerajaan Majapahit karena adanya perubahan komposisi masyarakat dengan latar belakang budaya berbeda. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif-kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi lapangan dan wawancara menggunakan teori interpretatif budaya Cliford Geertz. Makna Kolam Segaran bagi masyarakat terlihat dari pola perilaku yang dilakukan di Kolam Segaran. Bagi kelompok masyarakat beragama Hindu yang mempercayai nilai luhur Kerajaan Majapahit dan kelompok masyarakat Kejawen yang percaya pada adanya kekuatan gaib yang dapat memberikan manfaat bagi mereka maka Kolam Segaran bermakna religi yang terlihat dari pola perilaku aktivitas keagamaan larung sesaji, Ruwat Bumi, mencuci pusaka, memanfaatkan air Kolam Segaran untuk mendapatkan kesembuhan, dan keberuntungan. Masyarakat yang menyalurkan hobinya dengan memancing di pinggir Kolam Segaran dan anak muda yang meluangkan waktu untuk bersama temannya atau keluarga yang berlibur di akhir pekan serta cerita mistis yang beredar di area Kolam Segaran mengenai kekuatan gaib yang dapat mengganggu masyarakat yang memiliki niat buruk merupakan makna sosial dimana terdapat interaksi dan cerita mistis yang menjadi media kontrol sosial masyarakat agar tidak melanggar norma sosial. Perdagangan di pinggir Kolam Segaran memiliki makna ekonomi bagi masyarakat karena posisinya yang strategis berada di pinggir jalan raya utama. Penjala ikan yang dijual kembali juga merupakan makna ekonomi Kolam Segaran sebagai penyambung kehidupan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.ANT.44/16 Sep k
Uncontrolled Keywords: kolam, aktivitas, kepercayaan
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
YUWAN ARENA SEPTA, 071211732013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDjoko Adi Prasetyo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 13 Sep 2016 05:07
Last Modified: 13 Sep 2016 05:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45185
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item