KOMUNITAS COSUKAZE DALAM PERSPEKTIF FUNGSIONALISME

Wahono Eko Prasetio, 071211731072 (2016) KOMUNITAS COSUKAZE DALAM PERSPEKTIF FUNGSIONALISME. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (850kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.ANT.45-16 Pra k ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
FIS.ANT.45-16 Pra k LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Komunitas Cosukaze merupakan sebuah komunitas pecinta karya animasi buatan Jepang(anime) yang lahir tanggal 3 Maret 2015, bertempat di Kabupaten Nganjuk. Komunitas Cosukaze didirikan guna memberikan ruang bagi para anggotanya, untuk dapat mengekspresikan setiap kecintaannya kepada segala kegiatan yang berhubungan dengan dunia anime dan kebudayaan Jejepangan, khususnya terkait pembuatan kostum dan beberapa seni pertunjukkan. Dari fungsi yang dimilikinya tersebut, komunitas ini menarik untuk diteliti secara lebih mendalam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan fungsi yang dimiliki oleh komunitas Cosukaze kepada para anggotanya dan untuk memperkaya kajian mengenai studi antropologi. Pada penelitian mengenai komunitas Cosukaze, dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Informan penelitian ini adalah sembilan orang dari komunitas Cosukaze. Data yang diperlukan peneliti diperoleh melalui proses observasi, observasi partisipasi dan wawancara yang kemudian dianalisis dengan teori fungsional dari Malinowski. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa fungsi komunitas Cosukaze bagi anggotanya, diantaranya meliputi: 1) wahana pengembangan bakat dan kreativitas dari para anggota, 2) sarana untuk menjalin interaksi antar anggota, 3) menambah pendapatan para anggota, 4) media aktualisasi diri dari para anggota dan, 5) sarana rekreasi bagi para anggota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.ANT.45/16 Pra k
Uncontrolled Keywords: animasi, komunitas Cosukaze, fungsional
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
Wahono Eko Prasetio, 071211731072UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRustinsyah, Dr., Dra., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 13 Sep 2016 05:32
Last Modified: 18 Mar 2018 23:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45186
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item