FUNGSI WISATA PASIR PUTIH DALEGAN TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT LOKAL (Studi di Desa Dalegan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik)

NUR FADLILAH, 071211733037 (2016) FUNGSI WISATA PASIR PUTIH DALEGAN TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT LOKAL (Studi di Desa Dalegan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
48. FIS.ANT.46-16 Fad f.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pariwisata atau wisata merupakan perjalanan yang dilakukan oleh masyarakat baik individu ataupun kelompok ke daerah lain, daerah tempat wisata itu dianggap memiliki pemandangan atau tempat yang berbeda dengan daerah asal mereka. Pariwisata menjadi kebudayaan di kalangan masyarakat, baik masyarakat kota ataupun masyarakat desa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pengembangan wisata pantai Dalegan, serta pengaruh wisata pasir putih Dalegan terhadap lapangan kerja masyarakat Desa Dalegan. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metodologi penelitian kualitatif deskrpitif, peneliti menjelaskan mengenai pengembangan wisata pasir putih Dalegan dan pengaruhnya terhadap perekonomian dan lapangan kerja masyarakat dengan menggunakan observasi dan wawancara mendalam. Observasi dan wawancara dilakukan pada tanggal 8 Januari 2016 sampai 24 Maret 2016. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya pengaruh pengembangan wisata pada lapangan kerja serta perekonomian pada masyarakat yang berada di kawasan tempat wisata tersebut. Diantara lapangan pekerjaan yang muncul adalah: sebagai pengelola wisata pasir putih Dalegan, penjual makanan dan minuman, jasa penyewaan pelampung, penyewaan perahu, pengasap dan penjual ikan asap. Dinamika yang kerap muncul adalah pengaruh pada lapangan pekerjaan, perekonomian. Wisata pasir putih Dalegan merupakan wisata alam yang memiliki pengaruh pada perekonomian masyarakat Desa Dalegan. Dengan dijadikannya pantai Dalegan sebagai tempat wisata maka akan memunculkan fungsi pada wisata pantai Dalegan tersebut. Fungsi yang nampak yaitu fungsi ekonomi, yang terlihat dari banyaknya masyarakat yang berkeinginan untuk berjualan di kawasan wisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.ANT.46/16 Fad f
Uncontrolled Keywords: pariwisata, perkonomian, wisata pasir putih Dalegan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NUR FADLILAH, 071211733037UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTri Joko Sri Haryono, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 13 Sep 2016 05:39
Last Modified: 13 Jun 2017 21:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45187
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item