POLA KERJA PEDAGANG NASI BORAN DI KABUPATEN LAMONGAN

HENDRO SUSANTO, 071211731069 (2016) POLA KERJA PEDAGANG NASI BORAN DI KABUPATEN LAMONGAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (852kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
49. FIS.ANT.48-16 Sus p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Nasi boran sebagai salah satu makanan tradisional khas Lamongan dapat dikenal berbagai kalangan masyarakat tidak terlepas dari adanya peran pedagang yang menjual makanan itu sendiri. Pedagang yang berjualan disepanjang sudut Kota Lamongan mempunyai pola kerja yang terus dipertahankan sehingga keberadaan nasi boran dapat bertahan sampai sekarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas yang dilakukan pedagang dalam mengembangkan usaha nasi boran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode etnografi, menggunakan dua teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara mendalam dengan jumlah informan yang dipilih sebanyak sembilan orang, kemudian tahap terakhir adalah menganalisis pola kerja pedagang dengan Teori Ekonomi Moral dari Han Dieter Evers dan Teori Pilihan Rasional dari Samuel Popkin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola kerja pedagang nasi boran mencakup aktivitas yang berulang-ulang tiap harinya yaitu pembelian bahan, pembuatan sampai proses penjualan nasi boran. Aktivitas tersebut dilakukan pedagang setiap hari dengan waktu dan tempat berjualan yang sama dari masing-masing penjual nasi boran. Selama proses berjualan, pedagang berusaha membangun kerjasama dan hubungan sosial sebagai bentuk Ekonomi Moral dan Rasional dengan beberapa pihak disekitar lingkungan tempat berjualan seperti membangun hubungan dengan sesama pedagang nasi boran dan pedagang minuman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.ANT.48/16 Sus p
Uncontrolled Keywords: pedagang nasi boran, pola kerja, hubungan sosial, ekonomi moral dan pilihan rasional
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2340.8-2346.5 Small and medium-sized businesses, artisans,handicrafts, trades
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
HENDRO SUSANTO, 071211731069UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLaurentius Dyson P., Prof. Dr. , Drs. , MAUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 13 Sep 2016 05:52
Last Modified: 13 Mar 2018 23:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45189
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item