PERAN PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA (STUDI DESKRIPTIF DI KAMPUNG UNGGULAN KUE PENJARINGANSARI, KECAMATAN RUNGKUT, KOTA SURABAYA)

ANNISA WIRA SETYATI, 071211732042 (2016) PERAN PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA (STUDI DESKRIPTIF DI KAMPUNG UNGGULAN KUE PENJARINGANSARI, KECAMATAN RUNGKUT, KOTA SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.compressed.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
55. FIS.ANT.52-16 Set p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran perempuan untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan wawancara dan observasi pada subyek penelitian.Subyek penelitian yaitu anggota Kampung Unggulan Kue Penjaringansari, Kecamatan Rungkut, Kota Surabayaserta pihak-pihak pendukung lainnya yaitu pembina lapangan dan staf industri Disperindag. Data yang telah diperoleh kemudian diolah dan dianalisis denganteoriperan gender yang melihat bahwa peran perempuan tidak hanya di tentukan dari faktor biologis akan tetapi juga dari faktor sosial dan ekonomi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah pertama, bahwa perempuan anggota Kampung Unggulan Penjaringansari memiliki peran dalam meningkatkan ekonomi keluarga yaitu meningkatkan pendapatan keluarga dengan rata-rata pendapatan dari keenam informan yaitu Rp 500.000 – Rp 1.000.000 perbulan. Kedua, mengelola ekonomi keluarga, serta mengelola waktunya sebagai sebagai pelaku ekonomi dan juga ibu rumah tangga. Kedua, perempuan anggota Kampung Unggulan Kue Penjaringansari memaknai perannya dalam ekonomi keluarga yaitu sebagai pendukung nafkah keluarga, integrator keluarga, serta penyelamat keluarga sehingga kesejahteraan dapat tetap terjamin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.ANT.52/16 Set p
Uncontrolled Keywords: Peran gender, pengelola ekonomi, pendukung nafkah keluarga, integrator keluarga, penyelamat keluarga
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANNISA WIRA SETYATI, 071211732042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorPinky Saptandari EP, Dr., Dra,. MAUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 13 Sep 2016 06:15
Last Modified: 13 Jun 2017 22:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45193
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item