REOG CEMANDI ( Studi Deskriptif mengenai Eksistensi Kesenian Reog Cemandi di Desa Cemandi Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo )

YOHANA PRANGESTI, 071211731003 (2016) REOG CEMANDI ( Studi Deskriptif mengenai Eksistensi Kesenian Reog Cemandi di Desa Cemandi Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo ). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.ANT.53-16 Pra r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keberadaan kesenian tradisional saat ini banyak mengalami kemerosotan. Tak sedikit dari kesenian tradisional yang telah ditinggalkan oleh pendukungnya, sehingga menjadi stagnant karena tidak ada generasi baru yang menggantikan generasi lama. Salah satu contohnya yaitu kesenian Reog Cemandi. Reog Cemandi telah berada pada generasi kelima saat ini, pasang surut telah dilalui oleh grup kesenian Reog yang hanya ada di desa Cemandi ini. Pada generasi kelima ini kesenian Reog Cemandi mengalami banyak perubahan dan kemajuan sehingga lambat laun banyak dari masyarakat yang mulai mengenal kesenian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan para stakeholder yang terkait dalam pengembangan kesenian Reog Cemandi ini melakukan cara-caranya sehingga kesenian Reog Cemandi ada sampai saat ini. Untuk memperoleh hasil yang diinginkan peneliti menggunakan beberapa tahapan penelitian, yaitu yang pertama metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, informan yang telah dipilih sebanyak 10 orang, kemudian menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara, dan yang terakhir yaitu tahap menganalisis permasalahan yang telah dipilih yaitu tentang eksistensi kesenian Reog Cemandi dengan teori fungsionalisme dari Mallinowski dan teori strategi adaptasi oleh Bennet Hasil yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan yaitu untuk menjaga eksistensinya sebagai kesenian tradisional, kesenian Reog Cemandi bersama para pendukungnya melakukan beberapa perubahan dengan berbagai strategi yang telah dilakukan. Terdapat beberap kondisi mendukung sehingga kesenian Reog Cemandi ini masih tetap eksis, diantaranya dukungan dari masyarakat pendukungnya. Selain itu dalam mempertahankan eksistensinya sebagai kesenian tradisional, kesenian Reog Cemandi juga mengalami beberapa hambatan, hambatan tersebut muncul dari dalam (internal) maupun dari luar (eksternal).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.ANT.53/16 Pra r
Uncontrolled Keywords: eksistensi, kesenian, Reog Cemandi, faktor penghambat, faktor pendukung
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
YOHANA PRANGESTI, 071211731003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPudjio Santoso, Drs., M.SosioUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 13 Sep 2016 06:21
Last Modified: 13 Sep 2016 06:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45194
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item