BANGUNAN CAGAR BUDAYA PERPUSTAKAAN BANK INDONESIA SURABAYA (Studi Deskriptif tentang Upaya Pelestarian Bangunan Cagar Budaya Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya)

FARIDHA LARASHATI DEWI, 071211732024 (2016) BANGUNAN CAGAR BUDAYA PERPUSTAKAAN BANK INDONESIA SURABAYA (Studi Deskriptif tentang Upaya Pelestarian Bangunan Cagar Budaya Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (719kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
60. FIS.ANT.60-16 Dew b.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kota Surabaya yang memiliki julukan sebagai kota Pahlawan memilki beberapa peninggalan bangunan bersejarah yang tersebar di seluruh kawasan. Keberadaannya wajib untuk dilestarikan dibawah status bangunan cagar budaya. Banyaknya kasus mengenai pembokaran bangunan cagar budaya adalah sebagai akibat dari kurangnya pengetahuan masyarakat akan arti sebuah bangunan bersejarah. Salah satu bangunan cagar budaya yang terdapat di Surabaya adalah Perpustakaan Bank Indonesia yang digunakan sebagai perpustakaan dan kafe. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan untuk melestarikan bangunan cagar budaya Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tahap pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan empat teknik yaitu observasi (pengamatan), wawancara mendalam, sumber tertulis, serta dokumentasi. Pada tahap terakhir adalah menganalisis data. Hasil penelitian yang menggunakan Teori Struktural Fungsionalisme dari Radcliffe Brown memperoleh temuan data bahwa upaya pelestarian membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak yaitu pihak pemerintah, pihak swasta serta pengunjung. Upaya pelestarian diwujudkan dalam bentuk perawatan bangunan serta mengadakan berbagai kegiatan bagi masyarakat. Pihak-pihak tersebut menjalankan perannya masing-masing sehingga sangat berpengaruh terhadap kelestarian Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya sebagai sarana edukasi dan rekreasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.ANT.60/16 Dew b
Uncontrolled Keywords: bangunan cagar budaya, upaya pelestarian
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
FARIDHA LARASHATI DEWI, 071211732024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Endah Kinasih, S.Sos.,M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 13 Sep 2016 07:55
Last Modified: 14 Jun 2017 16:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45201
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item