HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN SARAPAN PAGI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SDN SAWAHAN I/340 SURABAYA

Fahrul Rahma, 071211732020 (2016) HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN SARAPAN PAGI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SDN SAWAHAN I/340 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (861kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.ANT.62-16 Rah h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Belajar merupakan unsur yang sangat mendasar dalam proses belajar mengajar, dan dalam belajar tersebut mutlak dibutuhkan konsentrasi belajar. Konsentrasi belajar ikut serta dalam menentukan prestasi belajar. Pada usia sekolah banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, salah satunya adalah masalah kecukupan gizi. Cara memperbaiki masalah kecukupan gizi anak sekolah agar prestasi belajar tidak terganggu, dapat dilakukan dengan cara memperbaiki pola makan di keluarga. Salah satunya dengan menekankan kebiasaan sarapan pagi. Sarapan pagi memberikan 13 % kontribusi pada gizi seimbang, sehingga dapat membantu meningkatkan kinerja otak dalam mengingat dan menangkap materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan dan menjelaskan ada tidaknya hubungan antara sarapan pagi dengan prestasi belajar siswa-siswi kelas IV , SDN Sawahan I/340 Surabaya. Penelitian ini bersifat penjelasan dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan analisis nutrisi survey. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan wawancara dengan menggunakan kuesioner. Sampel pada penelitian ini berjumlah 66, terdiri dari 36 laki-laki dan 30 perempuan yang nantinya akan dibedakan berdasarkan jenis kelamin. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan antara (i) ekonomi keluarga dengan kebiasaan sarapan pagi dan (2) kebiasaan sarapan pagi dengan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.ANT.62/16 Rah h
Uncontrolled Keywords: ekonomi keluarga, sarapan pagi, prestasi belajar, anak sekolah dasar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795-839.5 Temperament, Character (Ethology)
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Fahrul Rahma, 071211732020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorToetik Koesbardiati, Dr. phil.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 14 Sep 2016 01:47
Last Modified: 14 Sep 2016 01:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45203
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item