Perbedaan Tumbuh Kembang Anak berdasarkan Status Sosial Ekonomi Keluarga dan Status Pekerjaan Ibu: Analisis pada Tinggi, Berat, Lingkar, Tebal Lemak, dan Indeks Massa Tubuh di SMPN 22 Surabaya

ROSIDA CLIVARA SARI ANJANI, 071211733032 (2016) Perbedaan Tumbuh Kembang Anak berdasarkan Status Sosial Ekonomi Keluarga dan Status Pekerjaan Ibu: Analisis pada Tinggi, Berat, Lingkar, Tebal Lemak, dan Indeks Massa Tubuh di SMPN 22 Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
65. FIS.ANT.66-16 Anj p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mendeksripsikan tumbuh kembang anak pada masa remaja awal/early adolescence (10-13 tahun). Penelitian ini melihat perbedaan tumbuh kembang anak berdasarkan perbedaan profesi ibu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1.) Adakah perbedaan tumbuh kembang pada variabel tinggi badan, berat badan, tebal lemak, dan ukuran lingkar; yang mencerminkan pemenuhan nutrisi yang cukup pada anak ibu bekerja dan ibu rumah tangga 2.) Adakah perbedaan tumbuh kembang anak berdasarkan status sosial ekonomi Sampel dalam penelitian ini adalah para siswa kelas 7 dengan tahun kelahiran 2003 yaitu dengan usia 13 tahun (12.4-13.3) di SMPN 22 Surabaya. Sampel dipilih berdasarkan profesi ibu yaitu ibu bekerja dan ibu rumah tangga. Sampel terdiri dari anak laki-laki dan anak perempuan. Sampel yang diambil merupakan 50 orang anak laki-laki dan 50 orang anak perempuan dari ibu bekerja, serta 50 orang anak laki-laki dan 50 orang anak perempuan dari ibu rumah tangga. Pengukuran dilakukan pada tinggi badan, berat badan, tebal lemak, lingkar lengan atas, lingkar perut dan lingkar panggul; dan kemudian menghitung indeks massa tubuh atau Body Massa Indeks, lalu dilakukan kategorisasi. Analisis perbedaan antar sampel dilakukan menggunakan t-test. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa tumbuh kembang anak berdasarkan status ibu bekerja dan status sosial ekonomi menunjukan kesamaan antara keduanya. Perbedaan yang signifikan didapati pada ukuran lingkar perut anak laki-laki, sedangkan pada semua ukuran-ukuran pada anak perempuan tidak memiliki perbedan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.ANT.66/16 Anj p
Uncontrolled Keywords: Tumbuh kembang, remaja awal, status pekerjaan ibu, status sosial ekonomi
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ROSIDA CLIVARA SARI ANJANI, 071211733032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMyrtati D. Artaria, Prof., Dra., M.A .. Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 14 Sep 2016 02:11
Last Modified: 14 Jun 2017 17:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45207
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item