Pembelajaran Siswa Pada Pendidikan Inklusi (Studi Deskriptif SDN Percobaan Surabaya di Gedangan Sidoarjo)

RAHAYU FIRTA DEWI, 071211731002 (2016) Pembelajaran Siswa Pada Pendidikan Inklusi (Studi Deskriptif SDN Percobaan Surabaya di Gedangan Sidoarjo). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (562kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.ANT.77-16 Dew p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Proses pembelajaran di kelas memiliki peran penting dalam keberhasilan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran siswa dengan layanan pendidikan inklusi di SD Negeri Percobaan Surabaya yang tidak membedakan antara siswa regular maupun siswa berkebutuhan khusus. Hal ini menunjukkan bahwa semua anak berhak mendapatkan pendidikan yang sama tanpa ada tembok pembatas antara siswa regular dengan siswa berkebutuhan khusus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam yaitu indepth interview, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran siswa dengan layanan pendidikan inklusi dibagi menjadi dua macam, yaitu proses pembelajaran di kelas dan proses pembelajaran di ruang sumber. Model pembelajaran yang diterapkan SD Negeri Percobaan Surabaya di Gedangan Sidoarjo adalah kelas regular dengan PullOut. Model kelas regular dengan PullOut adalah model pembelajaran untuk siswa regular dan siswa berkebutuhan khusus pada kelas yang sama tetapi pada waktu tertentu anak berkebutuhan khusus dipindahkan ke ruang sumber dengan tenaga pendidik atau guru pendamping. Hambatan selama proses pembelajaran dengan pendidikan inklusi dibagi menjadi dua, yaitu hambatan ketika di kelas dan di ruang sumber. Hambatan di kelas yaitu kurangnya pemahaman tenaga pendidik dalam mengatasi anak berkebutuhan khusus karena kurangnya pelatihan dari pemerintah khusus untuk tenga pendidik yang tidak punya latar belakang pendidikan Psikolog. Hambatan di ruang sumber yaitu kurangnya guru pendamping untuk anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.ANT.77/16 Dew p
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran Siswa Reguler, Siswa Berkebutuhan Khusus, Kelas Regular dengan Pull Out .
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
RAHAYU FIRTA DEWI, 071211731002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTri Joko Sri Haryono, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 14 Sep 2016 05:40
Last Modified: 14 Sep 2016 05:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45218
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item