KONSEP DIRI PRIA METROSEKSUAL KOTA SURABAYA (Studi Deskriptif tentang Konsep Diri & Stigma Masyarakat terhadap Pria Metroseksual di Kota Surabaya)

Marza Aprilia Hasandra, 071211433026 (2016) KONSEP DIRI PRIA METROSEKSUAL KOTA SURABAYA (Studi Deskriptif tentang Konsep Diri & Stigma Masyarakat terhadap Pria Metroseksual di Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.S.67-16 Has k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pria metroseksual semakin mengkaburkan batas-batas nilai sosial pria terdahulu. Kebiasaanya dalam merawat diri mengakibatkan mereka dianggap berbeda dengan pria pada umumnya. Dalam kajian ini ingin mencoba mengakaji mengenai konsep diri pria metroseksual serta stigma masyarakat terhadap pria metroseksual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara deskriptif kualitatif mengenai bagaimana konsep diri pria metroseksual dan stigma masyarakat terhadap pria metroseksual di Kota Surabaya. Untuk teknik penentuan informan menggunakan metode purposif , dalam penelitian ini informan berjumlah lima orang informan. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan interview guide. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Surabaya. Pertimbangan Kota Surabaya menjadi lokasi penelitian karena kota Surabaya menyediakan banyak fasilitas hiburan seperti mall dan butik, salon dan sebagainya yang dapat menunjang kebutuhan pria metroseksual. Selain itu pria metroseksual sangat mudah ditemui di kota Surabaya. Dalam penelitian ini menggunakan teori Erving Goffman mengenai stigma yang juga membahas mengenai self identity. Menjadi pria metroseksual memiliki resiko tersendiri seperti upaya menjaga penampilan serta interaksi yang nyaman dengan orang lain. Pria metroseksual kota Surabaya yang berasal dari kaum ekonomi kelas atas mengkonsepsikan dirinya sebagai pria metroseksual. Berbelanja, selain memberikan kepuasan tersendiri juga membutuhkan biaya sehingga mendorong pria metroseksual guna mempertahankan gaya hidupnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.S.67/16 Has k
Uncontrolled Keywords: Metroseksual, Konsep Diri, Kota Surabaya
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Marza Aprilia Hasandra, 071211433026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSiti Mas'udah, S.Sos, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 16 Sep 2016 02:48
Last Modified: 16 Sep 2016 02:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45237
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item