KONSTRUKSI SOSIAL SUAMI PADA PEKERJAAN ISTRI SEBAGAI TENAGA KERJA WANITA (TKW) DI LUAR NEGERI (STUDI DESKRIPTIF DI DESA SUKOREJO, KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN PONOROGO)

NIKEN FEBRIANTI, 071211431008 (2016) KONSTRUKSI SOSIAL SUAMI PADA PEKERJAAN ISTRI SEBAGAI TENAGA KERJA WANITA (TKW) DI LUAR NEGERI (STUDI DESKRIPTIF DI DESA SUKOREJO, KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN PONOROGO). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (823kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
87. FIS.S.74-16 Feb k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi tentang konstruksi sosial pada suami yang istrinya bekerja sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) di luar negeri bertujuan untuk mengkaji pemahaman para suami pada istri yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) di luar negeri. Dalam studi ini juga mengkaji mengenai pergeseran fungsi keluarga yang terjadi pada keluarga Tenaga Kerja Wanita (TKW) di luar negeri. Studi ini menggunakan paradigma definisi sosial dengan menggunakan data-data kualitatif. Studi ini menggunakan teori konstruksi sosial oleh Peter L Berger yang menekankan pada tiga dialektika yaitu, eksternalisasi, obyektivasi dan internalisasi. Selain itu juga, menggunakan teori George Murdock mengenai fungsi keluarga, yang digunakan untuk mengkaji pergeseran fungsi keluarga Tenaga Kerja Wanita (TKW) di luar negeri. Informan dipilih secara purposif sesuai kriteria yang ditentukan, dimana terdapat enam informan utama yang dipilih. Hasil yang ditemukan dalam penelitian antara lain, suami yang mengkonstruksi pekerjaan istri sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) di luar negeri menerima dengan pasrah, dengan memberikan syarat kepada istri untuk tidak melupakan keluarga. Selain itu lingkungan di desa penelitian banyak yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) di luar negeri, sehingga mempengaruhi konstruksi suami. Pergeseran fungsi keluarga yang terjadi adalah adanya bantuan dari keluarga dekat. Suami yang tidak setuju dengan istri bekerja menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) di luar negeri melakukan perselingkuhan. Sedangkan, suami yang tidak berselingkuh ada yang setuju dan tidak setuju istri bekerja menjadi Tenaga kerja Wanita (TKW) di luar negeri, tetap bekerja keras untuk membantu istri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.S.74/16 Feb k
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Sosial Suami, Tenaga Kerja Wanita (TKW), Pergeseran Fungsi Keluarga
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NIKEN FEBRIANTI, 071211431008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorUdji Asiyah, Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 16 Sep 2016 03:30
Last Modified: 14 Jun 2017 17:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45245
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item