PENINGKATAN KETERAMPILAN PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) BERMUATAN LITERASI DINI BERBASIS DEVELOPMENTAL APPROPRIATE PRACTICE (DAP) MELALUI PELATIHAN SRATEGI PEMBELAJARAN LITERASI DINI BERBASIS DAP PADA GURU PAUD

EMILIA MUSTARY, 111214153023 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) BERMUATAN LITERASI DINI BERBASIS DEVELOPMENTAL APPROPRIATE PRACTICE (DAP) MELALUI PELATIHAN SRATEGI PEMBELAJARAN LITERASI DINI BERBASIS DAP PADA GURU PAUD. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ATT_1452240408829_ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TPSI 03 16.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pembelajaran literasi yang dimaknai sebagai pembelajaran membaca dan menulis tengah menjadi perdebatan di dunia pendidikan dewasa ini khususnya pada jenjang pendidikan anak usia dini atau prasekolah. Pendidikan anak usia dini merupakan periode pembelajaran krusial terjadi. Oleh sebab itu penting untuk menyediakan fondasi belajar literasi secara aman. Hal tersebut menuntut guru untuk memberikan pembelajaran literasi yang tepat secara usia, karakteristik, dan sosial budaya anak yaitu pembelajaran literasi dini berbasis developmentally appropriate practice (DAP). Salah satu keterampilan yang harus dimiliki guru adalah keterampilan perencanaan pembelajaran. Pelatihan strategi pembelajaran literasi dini berbasis DAP ini dilakukan sebagai usaha untuk meningkatkan keterampilan guru dalam memberikan pembelajaran literasi dini yang dapat dilihat melalui penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) bermuatan literasi dan berbasis DAP. peserta pelatihan ini sebanyak 8 orang guru PAUD. Data diperoleh melalui hasil checklist pada RPPH dan kemudian dilakukan analisis statistik nonparametrik wilcoxon signed rank test dengan menguji perbedaan skor sebelum dan sesudah pelatihan. Dari hasil analisis data diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.018 (p < 0.05). Dari hasil tersebut diketahui bahwa terdapat peningkatan keterampilan penyusunan RPPH bermuatan literasi berbasis DAP sebelum dan setelah pelatihan sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan strategi pembelajaran literasi dini berbasis DAP efektif untuk meningkatkan keterampilan penyusunan RPPH bermuatan literasi berbasis DAP.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TPSI.03/16 Mus p
Uncontrolled Keywords: Literasi dini, strategi pembelajaran literasi dini, DAP, Pelatihan, RPPH, PAUD.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
EMILIA MUSTARY, 111214153023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPrihastuti, Dra. , SUUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 30 Sep 2016 02:50
Last Modified: 14 Mar 2018 23:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45264
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item