Pengaruh Kepribadian Hardiness dan Kematangan Emosi terhadap Penyesuaian Diri Taruna/Taruni yang Menjalani Pendidikan Militer

Afrida Kurniasari, 111414253006 (2016) Pengaruh Kepribadian Hardiness dan Kematangan Emosi terhadap Penyesuaian Diri Taruna/Taruni yang Menjalani Pendidikan Militer. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.compressed.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Tpsi.21-16 Kur p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kepribadian hardiness dan kematangan emosi terhadap penyesuaian diri Taruna/Taruni dalam menjalani pendidikan militer. Tipe penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan variabel independent yaitu penyesuaian diri dan variabel dependent yaitu kepribadian hardiness dan kematangan emosi. Populasi penelitian ini sekaligus merupakan sampel yaitu Taruna/Taruni tingkat II yang berjumlah 104 orang dan saat ini sedang menjalani pendidikan militer di AAL. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dengan menggunakan skala Likert yang terdiri dari skala penyesuaian diri sebanyak 30 item, skala kepribadian hardiness sebanyak 33 item dan skala kematangan emosi sebanyak 34 item. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 16,0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kepribadian hardiness dan kematangan emosi terhadap penyesuaian diri Taruna/Taruni yang menjalani pendidikan militer. Hal ini dibuktikan dengan dilakukan uji F dengan taraf signifikansi 0.000 (˂ 0,05). Namun secara parsial kepribadian hardiness berpengaruh lebih besar dan signifikan dibandingkan dengan kematangan emosi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penghitungan menggunakan regresi linier berganda dimana kepribadian hardiness memiliki nilai signifikansi 0,000 (˂ 0,05) dan kematangan emosi memiliki nilai signifikansi 0,180 (˃ 0,05).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi.21/16 Kur p
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Militer, Kepribadian Hardiness, Kematangan Emosi, Penyesuaian Diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Magister Psikologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Afrida Kurniasari, 111414253006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDewi Retno Suminar, Dr., M.Si., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 04 Oct 2016 06:07
Last Modified: 11 Mar 2018 23:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45281
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item