Penerapan ISM (Interpretatif Structure Modeling) Dalam Pengelolaan Sumberdaya Air Irigasi Berkelanjutan (Studi Kasus: Irigasi di Desa Brayung, Mojokerto)

Muryani, Dra., Ec. and Jusmy D. Putuhena, Drs (2013) Penerapan ISM (Interpretatif Structure Modeling) Dalam Pengelolaan Sumberdaya Air Irigasi Berkelanjutan (Studi Kasus: Irigasi di Desa Brayung, Mojokerto). Jurnal Ilmu Pertnian & Lingkungan "AGRIENVI", 7 (7). pp. 87-102. ISSN 1987-4562 (In Press)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
06 Penerapan ISM dalam pengelolaan sumberdaya air irigasi Berkelanjutan abstrak.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
06 Penerapan ISM dalam pengelolaan sumberdaya air irigasi Berkelanjutan.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (REVIEW)
Muryani_Peer Review_6.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan teknis ISM, di mana ISM adalah proses penelitian kelompok yang dihasilkan model struktual untuk mengelola subyek suatu sistem yang kompleks, dalam hal ini adalah sistem pengelolaan irigasi, yang melalui pola hati-hati dan dirancang menggunakan grafik dan kalimat. Teknik ini terutama ditumukan untuk tim penilai ISM atau bisa untuk seorang peneliti. Berdasarkan hasil dan pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: pertama, elemen yang masih dapat dirubah pada pengelolaan sumberdaya air untuk irigasi secara keberkelanjutan di desa Brayung adalah: Kondisi fisik hulu (2),Kebijaksanaan pelaksanaan irigasi (5) dan Kesadaran petani untuk berperan aktif (6). Kedua, elemen yang diperlukan dalam perencanaan kerja pada pengelolaan sumberdaya air untuk irigasi secara keberlanjutan diperoleh sub elemen kunci (6). Ketiga, elemen Lembaga yang terkait dalam pengelolaan sumberdaya air untuk irigasi secara keberlanjutan diperoleh sub elemen kunci yaitu kelompok tani (4), Lembaga Pengusaha Mikro (5) dan Lembaga Swadaya Masyarakat(7).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: MANAGEMENT; IRRIGATION; SYSTEM; SUSTAINABLE; ELEMEN
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences > GE300-350 Environmental management
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD201-500 Water supply for domestic and industrial purposes
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
Muryani, Dra., Ec.UNSPECIFIED
Jusmy D. Putuhena, DrsUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Abdul Munir
Date Deposited: 14 Nov 2016 22:45
Last Modified: 14 Nov 2016 22:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45364
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item