PENGGUNAAN UKURAN KINERJA NON FINANCIAL DALAM KONSEP BALANCE SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGENDALI KINERJA OPERASIONAL PADA PERUM DAMRI SURABAYA

Widodo, NIM. 040630865 (2009) PENGGUNAAN UKURAN KINERJA NON FINANCIAL DALAM KONSEP BALANCE SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGENDALI KINERJA OPERASIONAL PADA PERUM DAMRI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-widodo-10549-a133_09-i.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-widodo-10137-a13309-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan dunia usaha yang makin kompetitif dan laju persaingan dalam dunia usaha mengakibatkan perlunya suatu alat manajemen strategik dalam mengukur kinerjanya. Sebab bila hanya mengandalkan pengukuran kinerja tradisional yang cenderung berdasarkan finansial dikhawatirkan perusahaan tidak dapat mengukur aktivitas kinerja non finansial seperti kepuasan pelanggan, kepuasan karyawan, dan hal lain yang tidak dapat diukur secara finansial. Dalam menjawab hal itu, pengukuran kinerja dengan konsep balance scorecard merupakan salah satu jawabannya. Pengukuran kinerja tersebut meliputi sisi finansial dan non finansial. Selain itu alat ini dapat digunakan untuk menerjem ahkan visi dan misi perusahaan kedalam sasaran strategik perusahaan. Dalam penelitian ini, penulis ingin lebih memfokuskan pada sisi pengukuran non finansial dari konsep balance scorecard tersebut. Dipilihnya sisi non finansial dikarenakan pengukuran kiner ja non finansial selama ini kurang diperhatikan oleh perusahaan karena lebih banyak menggunakan ukuran finansial, tanpa mengetahui segala sesuatu yang dapat mempengaruhi keberhasilan ukuran finansial tersebut. Selain itu, pemilihan ini dikarenakan adanya keterbatasan data dan kebijakan perusahaan akan data yang berhubungan dengan finansial. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil ukuran kinerja non finansial dapat digunakan sebagai informasi dan alat bantu manajemen dalam mengendalikan kinerja operasional perusahaan. Sedangkan tujuan yang ingin disampaikan adalah memahami pengukuran kinerja non finansial yang digunakan dan mengetahui apakah pengukuran kinerja non finansial tersebut dapat digunakan sebagai pengendali kinerja operasioanl perusahaan. Penelitian ini menggunakan perspektif pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan dalam konsep balance scorecard dengan menggunakan beberapa tolak ukur yang kompeten pada setiap perspektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data meliputi survey pendahuluan, studi pustaka, dan studi lapangan, sementara pengumpulan data dengan cara wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Dari analisis yang telah dilakukan, penggunaan ukuran kinerja non finansial dapat menjadi pelengkap dalam analisis kinerja perusahaan. Selain itu, ukuran kinerja non finansial juga dapat memberikan informasi kepada pihak manajemen perusahaan penyebab terjadinya peningkatan kinerja finansial dalam perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 133/09 Wid p
Uncontrolled Keywords: TRANSPORTATION
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
Widodo, NIM. 040630865UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHENDARJATNO,, Drs., MSi. Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 01 Sep 2009 12:00
Last Modified: 18 Jul 2016 08:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4539
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item