OBYEK WISATA RELIGI SUNAN AMPEL (Studi Deskriptif Tentang Kehidupan Sehari – hari Masyarakat Ampel dari Pengembangan Obyek Wisata Religi Sunan Ampel di Kelurahan Ampel Surabaya)

MOCHAMMAD FADLI, 071310213049 (2016) OBYEK WISATA RELIGI SUNAN AMPEL (Studi Deskriptif Tentang Kehidupan Sehari – hari Masyarakat Ampel dari Pengembangan Obyek Wisata Religi Sunan Ampel di Kelurahan Ampel Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
158. Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kelurahan Ampel adalah salah satu kelurahan yang ada di Kota Surabaya yang memiliki obyek wisata unggulan yaitu Obyek Wisata Religi Sunan Ampel. Obyek Wisata Religi Sunan Ampel berlokasi di Jalan Ampel Suci No. 54 Surabaya, Obyek Wisata Religi Sunan Ampel memiliki destinasi wisata yaitu Masjid Ampel, Makam Sunan Ampel dan Pasar Oleh-oleh Ampel Suci. Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel mulai banyak dikunjungi wisatawan dan mulai menjadi Obyek Wisata pada tahun sekitar 1970 namun pengembangan yang dilakukan oleh pihak pengelola baru dimulai pada tahun 1990 dan hingga sekarang pengelola masih akan melakukan pengembangan. Dalam pengembangan yang dilakukan oleh Obyek Wisata Religi Sunan Ampel masyarakat secara tidak langsung terkena dampak pengembangan obyek wisata ini. Dampak yang yang dirasakan masyarakat pun beragam , salah satunya adalah Dampak Sosial Budaya terhadap kehidupan sehari-hari masyarakat ampel. Berdasarkan penjelasan di atas maka penulis tertarik untuk meneliti lebih lanjut mengenai dampak sosial budaya dari pengembangan Obyek Wisata Religi Sunan Ampel terhadap kehidupan sehari-hari (Studi Deskriptif Tentang Kehidupan Sehari – hari masyarakat ampeldari Pengembangan Obyek Wisata Religi Sunan Ampel di Kelurahan Ampel Surabaya). Dalam penyusunan penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif-kualitatif. Artinya metode penelitian ini menghasilkan data – data yang berupa kata-kata, gambar dan buka angka. Metode ini juga menitikberatkan pada observasi dan suasana ilmiah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi partisipasi lengkap, artinya dalam melakukan pengumpulan data, penulis sudah terlibat sepenuhnya terhadap apa yang dilakukan sumber data, jadi suasananya sudah natural (Sugiyono,2015:227). Hasil dari analisis data lapangan berdasarkan rumusan masalah yang telah dibuat sebelumnya, peneliti menyimpulkan bahwa Dampak Sosial Budaya dari Pengembangan Obyek Wisata Religi Sunan Ampel yang paling dirasakan oleh masyarakat sekitar adalah dampak terhadap kehidupan sehari – hari mulai dari kemacetan lalu lintas, meningkatnya tingkat kejahatan, perubahan desain arsitektur bangunan. Untuk itu, penulis berharap dengan pengembangan yang dilakukan oleh pihak pengelola maupun pemerintah dapat menanggulangi dampak negative yang muncu akibat berkembangnya Obyek Wisata Religi Sunan Ampel.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK FV.PW.54/16 Fad o
Uncontrolled Keywords: kehidupan, pengembangan, wisata.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL624-627 Religious Life
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL660-2670 History and Principles of Religions
G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsEmail
MOCHAMMAD FADLI, 071310213049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDian Yulie R, S.Sos., MMUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2016 17:59
Last Modified: 02 Jul 2019 01:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45403
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item