KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA PERHOTELAN(Studi Deskriptif Tentang Kinerja Pelayanan Waiters Portofino Restaurant Shangri-La Hotel Surabaya)

ISMY ISTIQOMAH, 071310213045 (2016) KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA PERHOTELAN(Studi Deskriptif Tentang Kinerja Pelayanan Waiters Portofino Restaurant Shangri-La Hotel Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
162. FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan yang menjadikan Indonesia sebagai tujuan destinasi wisata dunia. Sebagai negara tujuan wisata, tentunya terdapat unsur – unsur penunjang didalamnya, salah satu unsur penunjang pariwisata adalah hotel karena hotel memilki fungsi sebagai tempat penginapan sementara bagi wisatawan maupun pebisnis. Selain menyediakan fasilitas penginapan, hotel juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang lainnya guna untuk memberikan kepuasan kepada konsumen, salah satu unsur penunjang yang paling penting adalah penyediaan makanan dan minuman guna untuk kelangsungan hidup tamu hotel. untuk memberikan fasilitas makan dan minum tidak hanya memperhatikan kualitas makanan dan minumannya saja, melainkan kualitias pelayanan dalam menyajikan makanan dan minuman yang diberikan juga harus diperhatikan karena kepuasan tamu dan keuntungan yang lebih juga didapatkan dari kualitas pelayanan yang diberikan terhadap tamu. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengambil judul “ Kinerja Pelayanan Waiters di Portofino Restaurant Shangri – La Hotel Surabaya”. Tujuan dan manfaat dari penelitian ini adalah guna untuk menambah pengetahuan tentang bagaimana kinerja waiters yang dikatakan baik dan bagaimana kinerja waiters yang dikatakan kurang, apa saja faktor – faktor penghambat kinerja yang menyebabkan kinerja waiters yang kurang optimal dan bagaimana upaya – upaya yang dilakukan oleh manajemen agar dapat memperbaiki kinerja waiters yang kurang optimal dan bagaimana pula upaya untuk meningkatkan kinerja waiters agar lebih termotivasi untuk menambah kualitas kerja mereka khususnya saat memberikan pelayanan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian yang sifatnya deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran dan memberikan penjelasan mengenai kenyataan dalam situasi tempat yang dijadikan obyek penelitian secara jelas dan lengkap dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi partisipan, dan penggunaan bahan dokumen.Hasil penelitian yang didapat penulis bahwa ketrampilan dan keahlian dapat menentukan baik atau tidaknya kinerja pelayanan seorang waiters. karena dengan berdasar pada keahlian dan ketrampilan pelayanan yang dilakukan terhadap tamu,waiters akan mendapat umpan balik dari tamu itu sendiri apakah umpan balik tersebut berupa complain atau reward dari tamu.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK FV.PW.59/16 Ist k
Uncontrolled Keywords: KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA PERHOTELAN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsEmail
ISMY ISTIQOMAH, 071310213045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNur Emma Suriani, S.sos, M.siUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2016 20:29
Last Modified: 17 Jul 2017 23:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45408
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item