IDENTIFIKASI SERABUT OTOT BERDASARKAN KADAR FAST SKELETAL MUSCLE TROPONIN- I (fsTnI) DAN KADAR ASAM LAKTAT SETELAH LARI SPRINT 50m BERULANG 8x

DEVID PRISMA NUGRAHA, NIM011414553001 (2016) IDENTIFIKASI SERABUT OTOT BERDASARKAN KADAR FAST SKELETAL MUSCLE TROPONIN- I (fsTnI) DAN KADAR ASAM LAKTAT SETELAH LARI SPRINT 50m BERULANG 8x. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKO.03-16 Nug i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada olahraga prestasi pengetahuan mengenai tipe serabut otot rangka belum dimanfaatkan secara optimal. Dengan mengetahui tipe serabut otot, dapat digunakan sebagai talent scouting atlet usia muda dan pembuatan program latihan. Selama ini cara yang populer digunakan dalam mengidentifikasi serabut otot adalah dengan biopsi, untuk saat ini masih sulit untuk dilakukan di indonesia karena berbagai kendala yang tidak mungkin dilakukan. Subjek adalah mahasiswa usia <23th. Subjek berjumlah 16 orang dengan metode total sampling. Seluruh subjek diambil usia, tinggi badan, berat badan, kadar asam laktat, kadar fsTnI setelah perlakuan sprint 50 m berulang 8x dan Vo2maks. Data diawali dengan analisis quartil dari kadar fsTnI yaitu titik yang membagi data yang telah diurutkan menjadi 4 bagian dan masing-masing 25% untuk memprediksi awal tipe serabut otot berdasarkan kelompok quartil kadar fsTnI dan uji korelasi antara tipe serabut otot berdasarkan kelompok quartil kadar fsTnI dengan kadar asam laktat tidak terdapat hubungan dengan nilai p > 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan kadar serum fsTnI dan kadar asam laktat setelah lari sprint 50m berulang 8x setelah diuji beda dengan nilai p < 0,05. Tidak terdapat hubungan antara tipe serabut otot berdasarkan kelompok quartil kadar fsTnI dan kadar asam laktat setelah diuji korelasi dengan nilai p > 0,05. Terdapat hubungan antara tipe serabut otot berdasarkan kelompok quartil kadar fsTnI dan nilai VO2maks dengan nilai p < 0,05. Penelitian ini masih tergolong baru dalam identifikasi serabut otot berdasarkan kadar fast skeletal muscle troponin I sehingga refrensi yang digunakan sangat terbatas. Masih perlu diteliti lebih jauh untuk menyempurnakan peneltian mengenai identifikasi serabut otot dengan mengunakan penanda spesifik kerusakan serabut otot pada fast skeletal muscle troponin I (fsTnI) untuk dikonfirmasi dengan tes biopsi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKO.03/16 Nug i
Uncontrolled Keywords: Eksentrik, Serabut Otot , Kadar Fast Skeletal Muscle Troponin- I (fsTnI), Kadar Asam Laktat
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
DEVID PRISMA NUGRAHA, NIM011414553001NIM011414553001
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHarjanto JM, Prof. Dr. , dr., AIFUNSPECIFIED
Thesis advisorBambang Purwanto, Dr., dr., M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorRoostantia Indrawati, dr., M. KesUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 02 Nov 2016 16:32
Last Modified: 02 Nov 2016 16:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45459
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item