EVALUASI EFEKTIVITAS SISTEM PENJUALAN SERVIS REGULER PADA PT. ASTRA INTERNASIONAL - NISSAN DIESEL SALES OPERATION (STUDI KASUS CABANG SURABAYA)

NANOKA VONDHY PRISVIANCHO, 040510133 (2010) EVALUASI EFEKTIVITAS SISTEM PENJUALAN SERVIS REGULER PADA PT. ASTRA INTERNASIONAL - NISSAN DIESEL SALES OPERATION (STUDI KASUS CABANG SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-prisvianch-14841-a18610-k.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
4546.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sistem mempunyai sebuah siklus yang harus dilalui yaitu analisis sistem, desain sistem, implementasi sistem, operasi, evaluasi, dan pengendalian sistem. Eva-luasi merupakan salah satu tahap yang tidak terpisahkan dari pengembangan suatu sistem informasi. Dengan adanya proses evaluasi, perusahaan akan dapat mengetahui masalah baik yang berupa keunggulan potensial maupun kelemahan yang terjadi pada sistem informasi yang dijalankan. Setelah mengetahui kualitas dari sistem yang ada maka perusahaan bisa mengetahui biaya dan waktu yang telah dikeluarkan. Efektivitas merupakan tolak ukur yang digunakan untuk mengukur keberha-silan suatu kegiatan. Efektivitas hanya mengacu pada apakah hasil sebuah kegiatan sesuai dengan tujuan yang telah dicanangkan. Efektivitas suatu sistem informasi di-pengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: kualitas sistem; kualitas informasi; pen-dapat user mengenai kegunaan sistem, kemudahan sistem, serta kemampuannya mengoperasikan komputer; penggunaan sistem; dampak individual; serta dampak or-ganisasional. Oleh karenanya factor faktor tersebut menjadi parameter efektivitas sistem informasi pada penelitian ini. Proses untuk mengevaluasi efektivitas suatu sistem akan dimulai dari mengidentifikasi tujuan dari sistem tersebut, menentukan ukuran ukuran yang akan digunakan, menentukan sumber sumber data, menen-tukan nilai ex-ante, menentukan nilai ex-post dan mengidentifikasi dampak sistem. PT.Astra International Nissan Diesel Sales Operation (PT.AI-NDSO) mem-punyai sebuah sistem informasi untuk kegiatan operasional departemen after sales service mereka. Sistem informasi yang terangkum dalam SOP (Standard Operational Procedure) tersebut meliputi kegiatan mulai dari penerimaan servis, penggolongan jenis pekerjaan, pemilihan mekanik, pengambilan bahan dan suku cadang, hingga evaluasi kinerja tiap bulan. Dari penelitian yang dilakukan, system yang ada telah ber-jalan dengan efektif akan tetapi masih ada beberapa perubahan yang harus dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 186 10 Pri e
Uncontrolled Keywords: MARKETING MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Q Science > QA Mathematics > QA76.9.D3 Database management and System design
T Technology > TS Manufactures > TS155-194 Production management. Operations management
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
NANOKA VONDHY PRISVIANCHO, 040510133UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndry Irwanto, Drs .MBA.AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 17 Feb 2011 12:00
Last Modified: 11 Jul 2017 16:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4546
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item