PENGARUH BERMAIN JIGSAW PUZZLE TERHADAP MOTORIK HALUS EKSTREMITAS ATAS PADA KLIEN PASCA STROKE ISKEMIK DI RUMAH SAKIT DR. MOEWARDI SURAKARTA

ESKA DWI PRAJAYANTI, 131414153003 (2016) PENGARUH BERMAIN JIGSAW PUZZLE TERHADAP MOTORIK HALUS EKSTREMITAS ATAS PADA KLIEN PASCA STROKE ISKEMIK DI RUMAH SAKIT DR. MOEWARDI SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
276. TKP.21-16 Pra p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang: Stroke iskemik merupakan penyakit yang disebabkan oleh iskemik serebral yang, sehingga menyebabkan berbagai defisit neurologi seperti defisit motorik seperti gangguan kemampuan motorik halus. Penanganan gangguan kemampuan motorik halus adalah dengan meningkatkan fungsi motorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh bermain Jigsaw Puzzle terhadap kekuatan otot, luas gerak sendi, dan kemampuan motorik halus ekstremitas atas pada pasien Stroke Iskemik di Rumah Sakit Dr.Moewardi Surakarta. Metode: penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Experimental pre-postest control group design. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 34 responden yang dipilih dengan teknik consecutive sampling. Sampel dibagi menjadi kelompok perlakuan sebanyak 17 responden yang diberi penanganan standar rumah sakit dan bermain Jigsaw Puzzle 2x sehari selama 6 hari dan kelompok kontrol sebanyak 17 responden yang diberi penanganan sesuai standar rumah sakit tanpa diberikan tambahan bermain Jigsaw Puzzle. Evaluasi penelitian ini dilakukan pada hari pertama dan ke tujuh untuk kedua kelompok tersebut. Hasil dan analisis: hasil penelitian menunjukkan kekuatan otot, luas gerak sendi dan kemampuan motorik halus ekstremitas atas meningkat (p=0,001) secara signifikan setelah diberikan permainan Jigsaw Puzzle Diskusi dan kesimpulan: pemberian permainan Jigsaw puzzle sebagai terapi tambahan dalam rehabilitasi motorik halus ekstremitas atas dapat meminimalkan terjadinya kontraktur serta gangguan motorik pada pasien Stroke Iskemik. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penggunaan permainan ini sebagai salah satu intervensi perawat dalam asuhan keperawatan pasien Stroke Iskemik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP.21/16 Pra p
Uncontrolled Keywords: Stroke Iskemik,motorik halus ekstremitas atas, Jigsaw Puzzle
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
ESKA DWI PRAJAYANTI, 131414153003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKusnanto, Dr., S.Kp., M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorHarmayetty, S.Kp., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 06 Nov 2016 20:02
Last Modified: 20 Jun 2017 22:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45516
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item