PENGARUH MODIFIKASI RESISTED HAND EXERCISE TERHADAP KEKUATAN OTOT EKSTREMITAS ATAS KLIEN HEMIPARASE POST STROKE ISKEMIK RSUD GAMBIRAN KEDIRI

NOVITA SETYOWATI, 131414153039 (2016) PENGARUH MODIFIKASI RESISTED HAND EXERCISE TERHADAP KEKUATAN OTOT EKSTREMITAS ATAS KLIEN HEMIPARASE POST STROKE ISKEMIK RSUD GAMBIRAN KEDIRI. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKP.22-16 Set p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hemiparese merupakan masalah umum pada pasien stroke yang dapat menimbulkan disability. Latihan rentang gerak merupakan salah satu bentuk latihan yang dinilai masih cukup efektif untuk mencegah terjadinya disability. Penelitian ini bertujuan untuk Tujuan dari penelitian ini adalah memaksimalkan proses pemulihan terutama dalam meningkatkan kekuatan otot di RSUD Gambiran Kediri. Penelitian menggunakan desain Quasi Experiment pre dan post test design. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah klien post stroke iskemik ≥ 72 jam yang dirawat selama 24 Juni sampai dengan 30 Juli 2016 di Ruang Sedap Malam RSUD Gambiran Kediri dengan kriteria inklusi. Jumlah sampel 24 responden yang dibagi menjadi kelompok perlakuan dan kontrol. Evaluasi penelitian ini dilakukan pada hari pertama dan kedelapan untuk kedua kelompok tersebut. Hasil penelitian didapatkan data kekuatan otot setelah dilakukan uji normalitas data berdistribusi normal sehingga dilakukan analisa data dengan Paired T Test dan Independent T Test. Hasil uji statistik menunjukkan kekuatan otot meningkat dilihat dari pengukuran observasi (p value: 0.009) dan hand grip strength dynamometer (p value: 0.000) . Kesimpulan yang didapat menyatakan ada perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Manfaat penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu intervensi tambahan keperawatan dalam menangani kliesn post stroke dengan iskemi sehingga meningkatkan mutu asuhan keperawatan, mempercepat penyembuhan, mencegah komplikasi serta memperkaya keilmuan keperawatan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP.22/16 Set p
Uncontrolled Keywords: Stroke iskemik, kekuatan otot, modifikasi resisted hand exercise.
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
NOVITA SETYOWATI, 131414153039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAhmad Yusuf, S.Kp, M.Kes.UNSPECIFIED
ContributorHarmayetty, S.Kp M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 06 Nov 2016 20:49
Last Modified: 06 Nov 2016 20:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45517
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item