EFEKTIVITAS PEMBERIAN TEH ROSELLA MERAH DAN DAGING BUAH ALPUKAT SEBAGAI INTERVENSI PENDAMPING SIMVASTATIN DALAM PENURUNAN KADAR KOLESTEROL TOTAL PADA KLIEN HIPERKOLESTEROLEMIA DENGAN PENDEKATAN TEORI ADAPTASI ROY

BUDI ARTINI, 131414153033 (2016) EFEKTIVITAS PEMBERIAN TEH ROSELLA MERAH DAN DAGING BUAH ALPUKAT SEBAGAI INTERVENSI PENDAMPING SIMVASTATIN DALAM PENURUNAN KADAR KOLESTEROL TOTAL PADA KLIEN HIPERKOLESTEROLEMIA DENGAN PENDEKATAN TEORI ADAPTASI ROY. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
TKP.23-16 Art e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKP.23-16 Art e 45518 ABSTRAK.pdf

Download (17kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hiperkolesterolemia adalah kondisi yang ditandai dengan tingginya kadar kolesterol total dalam darah. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa seduhan teh rosella dan daging buah alpukat dapat menurunkan kadar kolestrol total. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas terapi pendamping teh rosella dan daging buah alpukat dalam menurunkan kadar kolesterol total pada klien hiperkolesterolemia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan pre-post test control Group Design. Populasi penelitian ini adalah klien dengan hiperkolesterolemia di wilayah kerja puskesmas Menganti. Besar sampel kelompok 1 terdiri dari 9 responden mendapat obat Simvastatin 10 mg dan teh rosella sebanyak 2 gr yang dikonsumsi 1x/hari. Kelompok 2 terdiri dari 9 responden mendapat obat Simvastatin 10 mg dan daging buah alpukat seberat 330 gr yang dikonsumsi 1x/hari. Kelompok kontrol terdiri dari 11 responden mendapat obat Simvastatin 10 mg yang diminum 1x sehari malam hari sebelum tidur. Semua kelompok diperiksa kadar kolesterol total darahnya sebelum perlakuan dan setelah perlakuan pada hari ke-15. Hasil uji t berpasangan pre-test dan post-test tiap kelompok menunjukkan adanya perbedaan kadar kolesterol total darah yang signifikan. Hasil uji one-way ANOVA menunjukkan ada beda antar ketiga kelompok dengan nilai p=0,025, sedangkan hasil uji Bonferroni didapakan tidak ada beda antara kelompok 1 dan 2 dengan p=1,000. Simpulan penelitian ini adalah pemberian teh rosella dan daging buah alpukat memiliki efektivitas yang sama dalam menurunkan kadar kolesterol total, sehingga petugas kesehatan dapat menyarankan penggunaan teh rosella dan daging buah alpukat sebagai terapi pendamping untuk menurunkan kadar kolesterol total.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP.23/16 Art e
Uncontrolled Keywords: hiperkolesterolemia, teh rosella, buah alpukat, Simvastatin
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
BUDI ARTINI, 131414153033UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorElyana Asnar, Dr., dr MS.UNSPECIFIED
Thesis advisorIka Yuni Widyawati, S.Kep. Ns. M.Kep., Sp.Kep. M.BUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 06 Nov 2016 20:54
Last Modified: 22 Mar 2018 20:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45518
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item