KONDISI HIGIENE SANITASI, KUALITAS BAKTERIOLOGIS MAKANAN DAN KELUHAN SALMONELLOSIS KONSUMEN DI KANTIN KAMPUS C UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA

AINI AZIZAH, 101211132017 (2016) KONDISI HIGIENE SANITASI, KUALITAS BAKTERIOLOGIS MAKANAN DAN KELUHAN SALMONELLOSIS KONSUMEN DI KANTIN KAMPUS C UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM. 176-16 Azi k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kantin merupakan tempat mahasiswa memenuhi kebutuhan gizi ketika berada di kampus seharian. Kondisi higiene dan sanitasi makanan kantin yang baik dapat menghindarkan makanan dari kontaminasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi higiene sanitasi kantin, kualitas bakteri Salmonella sp. dalam makanan serta mengidentifikasi keluhan salmonellosis konsumen di Kampus C Universitas Airlangga. Penelitian dilakukan dengan metode observasional dan memiliki rancangan penelitian cross sectional. Sampel dari penelitian ini yaitu 37 stan kantin Kampus C Universitas Airlangga. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, pengisian kuesioner, uji laboratorium dan wawancara sehingga didapatkan informasi mengenai variabel penelitian. Variabel penelitian adalah bangunan, fasilitas sanitasi, peralatan, makanan, higiene penjamah, kualitas fisik dan keberadaan bakteri Salmonella sp. pada makanan serta keluhan salmonellosis mahasiswa konsumen kantin Kampus C Universitas Airlangga. Hasil penilaian higiene dan sanitasi kantin Kampus C Universitas Airlangga secara keseluruhan sebesar 81,0%, telah memenuhi sesuai Keputusan Menteri Kesehatan No. 1098 tahun 2003 tentang Persyaratan Higiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran yaitu lebih dari sama dengan 70%. Tidak terdapat bakteri Salmonella sp. dalam 6 sampel makanan yang diteliti. Terdapat beberapa keluhan salmonellosis yang dialami konsumen, yaitu diare (43,6%), sakit pada perut (38,4%), mual dan muntah (7,6%), serta demam (5,1%). Kesimpulan yang dapat ditarik adalah tidak terdapat bakteri Salmonellosis sp. dalam sampel yang diteliti. Hasil observasi menunjukkan kondisi higiene sanitasi kantin yang sudah memenuhi standar. Selain itu terdapat keluhan salmonellosis pada konsumen kantin Kampus C Universitas Airlangga. Pihak pengelola kantin sebaiknya meningkatkan kondisi higiene sanitasi di kantin, membina penjamah makanan di kantin serta bekerjasama dengan dinas kesehatan untuk melakukan pengawasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 176-16 Azi k
Uncontrolled Keywords: higiene sanitasi, kantin, keluhan salmonellosis
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
AINI AZIZAH, 101211132017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRetno Andriyani, S.T., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 09 Nov 2016 18:42
Last Modified: 18 Feb 2018 17:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45577
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item