MAKNA BAHASA UMPATAN PADA MASYARAKAT KOTA KUPANG

JACKLIN STEFANY MANAFE, 071414753015 (2016) MAKNA BAHASA UMPATAN PADA MASYARAKAT KOTA KUPANG. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (843kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TSO.03-16 Man m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kupang adalah sebuah Kota kecil yang merupakan Ibu Kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kota Kupang juga sering disebut dengan julukan Kota karang karena kota ini memang di kelilingi pantai dan banyak sekali batu karang dengan cuacanya yang cukup panas. Dilihat dari letak geografisnya masyarakat kota ini cenderung memiliki sifat dan cara bicara yang terdengar keras dan kasar. Tak jarang banyak orang-orang pendatang yang akan kaget jika bertemu orang Kupang yang berbicara dengan suaranya yang keras. Selain cara berbicara masyarakat Kupang yang keras dan kasar, masyarakat kota kupang pun sering menggunakan bahasa umpatan dalam keseharian mereka seperti kata “Tolo, puki, no’o” dan lain sebagainya yang merupakan bahasa umpatan khas Kota Kupang Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk memahami masyarakat di Kota Kupang dalam memaknai bahasa umpatan yang di gunakan dalam kehidupan sehari-hari mereka dan Untuk memamahami pergeseran makna bahasa umpatan menjadi bahasa yang mempererat relasi sosial antar masyarakat Di Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan teori Etnometodologi. Teknik pengumpulan data yang pakai adalah dengan wawancara kepada masyarakat Kota Kupang yang menggunakan bahasa umpatan sebagai bahasa persahabatan, observasi dan data primer yang didapat dari hasil wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah banyak masyarakat Kota Kupang yang masih menggunakan bahasa umpatan sebagai bahasa sapaan baik dari anak kecil sampai orang dewasa dan tidak memandaqng tingkat pendidikan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSO.03/16 Man m
Uncontrolled Keywords: Makna bahasa, umpatan
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT401-485 Rural groups. Rural sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
JACKLIN STEFANY MANAFE, 071414753015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBagong Suyanto, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
ContributorSepti Ariadi, Drs. , MAUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 09 Nov 2016 20:58
Last Modified: 09 Nov 2016 20:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45596
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item