EVALUASI SISTEM SURVEILANS KESEHATAN HAJI DI DINAS KESEHATAN KOTA SURABAYA TAHUN 2015 BERDASARKAN ATRIBUT SURVEILANS

RIVA NOVIYANTI, 101211133030 (2016) EVALUASI SISTEM SURVEILANS KESEHATAN HAJI DI DINAS KESEHATAN KOTA SURABAYA TAHUN 2015 BERDASARKAN ATRIBUT SURVEILANS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
367. ABSTRAK.pdf

Download (55kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM. 185-16 Nov e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setiap tahunnya, masyarakat muslim Indonesia yang menunaikan ibadah haji mencapai 200 ribu orang lebih, dengan risiko kesehatan yang masih tinggi. Masalah kesehatan jemaah haji indonesia di Arab Saudi adalah kondisi jemaah haji selama perjalanan ibadah haji, jemaah dengan usia lanjut dengan risiko kesehatan lain dan ancaman penularan penyakit. Surveilans dilaksanakan untuk mengetahui perkembangan penyakit menurut tempat, waktu dan orang, dan dimanfaatkan untuk upaya penanggulangan. Tujuan penelitian ini adalah melakukan evaluasi terhadap sistem surveilans kesehatan haji yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Surabaya tahun 2015 berdasarkan atribut surveilans. Lokasi penelitian adalah Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Penelitian ini bersifat deskriptif dan pelaksanaannya menggunakan teknik wawancara dengan menggunakan instrumen berupa lembar kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah petugas pengelola program surveilans kesehatan haji di Dinas Kesehatan Kota Surabaya dan petugas surveilans kesehatan haji di Puskesmas. Hasil dari penelitian ini adalah evaluasi terhadap atribut surveilans menunjukan bahwa sistem surveilans kesehatan haji di Dinas Kesehatan Kota Surabaya tahun 2015 sudah memenuhi atribut fleksibilitas, ketepatan waktu, sensitivitas, kerepresentatifan dan akseptabilitas. Evaluasi terhadap atribut surveilans yang belum terpenuhi pada sistem surveilans kesehatan haji di Dinas Kesehatan Kota Surabaya yaitu atribut kesederhanaan, kualitas data dan stabilitas, sedangkan nilai prediktif positif tidak dapat dilakukan perhitungan. Saran yang dapat diberikan adalah membuat rencana jadwal pemeriksaan calon jemaah haji, dilakukan pemantauan terhadap pelaporan data dan penambahan jumlah tenaga surveilans yang diberikan pelatihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 185-16 Nov e
Uncontrolled Keywords: Atribut surveilans, Evaluasi surveilans, Surveilans kesehatan haji
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RIVA NOVIYANTI, 101211133030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorLucia Yovita Hendrati, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 09 Nov 2016 22:06
Last Modified: 21 Feb 2018 23:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45602
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item