HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DAN PENGETAHUAN TENTANG KANKER SERVIKS DENGAN KEIKUTSERTAAN PEMERIKSAAN IVA (Studi di Puskesmas Jagir Surabaya)

ELLA WIDYA PUSPITA, 101211132010 (2016) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DAN PENGETAHUAN TENTANG KANKER SERVIKS DENGAN KEIKUTSERTAAN PEMERIKSAAN IVA (Studi di Puskesmas Jagir Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
386. ABSTRAK.pdf

Download (55kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 202-16 Pus h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kanker serviks menempati urutan kedua setelah kanker payudara sebagai kanker yang paling sering diderita wanita Indonesia. Penyakit ini dapat dicegah dengan deteksi dini lesi prakanker yang apabila diobati segera tidak akan berlanjut menjadi kanker serviks. Pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat (IVA) telah terbukti dapat menjadi metode skrining sensitif alternatif selain Pap Smear untuk deteksi dini kanker serviks. Penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara dukungan keluarga dan pengetahuan tentang kanker serviks dengan keikutsertaan pemeriksaan IVA di Puskesmas Jagir Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan cross sectional dan jenis penelitian observasional analitik. Sampel dalam penelitian ini wanita usia subur 30-49 tahun dan sudah menikah yang melakukan pemeriksaan IVA di Puskesmas Jagir. Teknik sampelnya adalah purposive sampling sebanyak 41 orang. Hasil analisis bivariat dengan uji Chi-Square menunjukkan bahwa tidak ada hubungan signifikan antara dukungan keluarga dengan keikutsertaan pemeriksaan IVA (p value = 0,287). Ada hubungan signifikan antara pengetahuan tentang kanker serviks dengan keikutsertaan pemeriksaan IVA (p value = 0,041). Sehingga diharapkan wanita usia subur lebih aktif untuk meningkatkan pengetahuan tentang kanker serviks dan pemeriksaan IVA dan keluarga lebih memotivasi dan meningkatkan upaya-upaya yang mengarah pada pendekatan dukungan keluarga untuk mendukung melakukan pemeriksaan IVA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 202-16 Pus h
Uncontrolled Keywords: kanker serviks, Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA), deteksi dini, wanita usia subur
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
ELLA WIDYA PUSPITA, 101211132010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPrijono Satyabakti, dr., M.S., M.PHUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 10 Nov 2016 19:20
Last Modified: 21 Feb 2018 23:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45634
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item