HUBUNGAN ANTARA OBESITAS, AKTIVITAS FISIK DAN POLA KONSUMSI MAKANAN DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA WANITA USIA MENOPAUSE (Studi di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya)

FADIA RIFQI AYU FIRYAL, 101211132004 (2016) HUBUNGAN ANTARA OBESITAS, AKTIVITAS FISIK DAN POLA KONSUMSI MAKANAN DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA WANITA USIA MENOPAUSE (Studi di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 205-16 Fir h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hipertensi merupakan penyebab penyakit kardiovaskular, stoke, gagal ginjal dan menyebabkan morbiditas dan mortalitas pada pria dan wanita. Peningkatan prevalensi terus terjadi tidak hanya pada negara maju, namun juga pada sejumlah negara berkembang dunia. Prevalensi hipertensi terus meningkat seiring dengan bertambanya usia, akan tetapi risiko hipertensi meningkat pada wanita pasca menopause. Peningkatan risiko pada wanita usia menopause dipengaruhi perubahan hormonal, pengaruh kebiasaan pola konsumsi seperti lemak, kebiasaan konsumsi natrium, kebiasaan knsumsi kalium, adanya obesitas dan aktivititas fisik. penelitian ini untuk mengetahui hubungan obesitas, aktivitas fisik, dan pola konsumsi dengan kejadian hipertesi wanita di RSU Haji Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan case control study dan jenis penelitian retrospektif. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien wanita dengan hipertensi pada usia menopause ≥45 tahun dan pasien wanita tidak hipertensi pada usia menopause ≥45 tahun di poli jantung RSU Haji Surabaya. Teknik sampel adalah simple random sampling sebanyak 32 orang untuk masing-masing kasus dan kontrol. Hasil analisis bivariat dengan uji chi-square menunjukkan bahwa tidak ada hubungan signifikan pada kebiasaan konsumsi kalium, kebiasaan konsumsi natrium dan obesitas. Sedangkan ada hubungan signifikan pada kebiasaan konsumsi lemak (p value = 0,042; OR = 2,896) dan aktivitas fisik (p value = 0,046; OR = 2,778). Sehingga diharapkan wanita usia menopause dapat mengendalikan faktor risiko kebiasaan konsumsi lemak dan aktivitas fisik untuk mencegah dan mengendalikan hipertensi pasca usia menopause.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 205-16 Fir h
Uncontrolled Keywords: dietary pattern, obesity, physical activity, menopause women
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
FADIA RIFQI AYU FIRYAL, 101211132004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorPrijono Satyabakti, dr., M.S., M.PH.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 10 Nov 2016 19:37
Last Modified: 29 Mar 2018 01:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45637
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item