HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI KERJA DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA TENAGA KERJA DI BAGIAN SORTING AND PACKING PT. DHARMA PERKASA GEMILANG, MULIAKERAMIK GROUP, NGORO – JAWA TIMUR

RIZKY ANANDA PUTRI, 101211133039 (2016) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI KERJA DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA TENAGA KERJA DI BAGIAN SORTING AND PACKING PT. DHARMA PERKASA GEMILANG, MULIAKERAMIK GROUP, NGORO – JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
388. ABSTRAK.pdf

Download (75kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 206-16 Put h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tenaga kerja memiliki peranan dan kedudukan yang sangat penting sebagai pelaku dan tujuan pembangunan karena dituntut adanya sumber daya manusia yang berkualitas dan mempunyai produktivitas yang tinggi. Salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas tinggi adalah Motivasi Kerja. Dengan adanya motivasi kerja mampu meningkatkan daya saing di era globalisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Antara Motivasi Kerja Dengan Produktivitas Kerja Tenaga Kerja Bagian Sorting And Packing PT. Dharma Perkasa Gemilang, Muliakeramik Group, Ngoro – Jawa Timur. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan korelasi spearman. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja yang ada di bagian sorting and packing di PT. Dharma Perkasa Gemilang, Muliakeramik Group, Ngoro. Teknik pengambilan sampel dengan rumus slovin sehingga didapatkan jumlah 13 pekerja. Variabel dalam penelitian ini adalah karakteristik individu yang terdiri dari umur dan masa kerja, motivasi kerja, serta produktivitas kerja. Instrumen dalam penelitian ini adalah pengukuran motivasi kerja dengan pengisian kuesioner motivasi kerja. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariate (menggunakan uji Korelasi Spearman dengan α= 0,01). Hasil dari penelitian ini adalah ada hubungan antara motivasi kerja dengan produktivitas kerja (p-value 0,004) serta nilai korelasi r = 0,732 yang berarti ada hubungan yang kuat antara motivasi kerja dengan produktivitas kerja. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah motivasi kerja memiliki peranan yang penting terhadap peningkatan produktivitas kerja. Saran yang diberikan kepada PT. Dharma Perkasa Gemilang, Muliakeramik Group, Ngoro – Jawa Timur adalah hendaknya dilakukan peningkatan motivasi kerja untuk memperoleh produktivitas yang tinggi, yaitu dengan peningkatan kualitas pengawasan berupa evaluasi kinerja dan pembayaran atau gaji sesuai dengan UMK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 206-16 Put h
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Individu, Motivasi Kerja, Produktivitas Kerja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
RIZKY ANANDA PUTRI, 101211133039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIndriati Paskarani, S.H., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 10 Nov 2016 19:45
Last Modified: 21 Feb 2018 23:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45638
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item