ANALISIS RISIKO INSIDEN PADA PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP DENGAN METODE FAILURE MODES AND EFFECTS ANALYSIS (Studi Di Rumah Sakit Islam Surabaya)

DHEVY CITRA AYU LESTARI, 101211131198 (2016) ANALISIS RISIKO INSIDEN PADA PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP DENGAN METODE FAILURE MODES AND EFFECTS ANALYSIS (Studi Di Rumah Sakit Islam Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
391. ABSTRAK.pdf

Download (38kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 208-16 Les a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan terkait insiden keselamatan pasien menjadi hal yang perlu untuk diperhatikan perkembangannya. Faktor proses pelyanan dianggap sebagai salah satu penyebab terjadinya peningkatan insiden keselamatan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis risiko insiden pada pelayanan pasien rawat inap menggunakan metode Failure Modes and Effects Analysis (FMEA) untuk menurunkan angka insiden keselamatan pasien di RS Islam Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan crossectional yang menggunakan pendekatan kualitatif semi kuantitatif. Responden dalam penelitian adalah 9 orang informan melalui wawancara. Wawancara mendalam dilakukan untuk mendapatkan informasi terkait variabelvariabel yang diteliti. Variabel tersebut meliputi alur proses, identifikasi kemungkinan kegagalan dan efek, severity, occurence, detection, dan perhitungan Risk Priority Number (RPN). Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode FMEA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Risk Priority Number (RPN) didapatkan hasil risiko yang melebihi cut off point sebesar 250 yang diprioritaskan sesuai urutan tertinggi adalah kegagalan penentuan obat, kelengkapan dan penulisan resep (280). Hasil RPN tersebut dikategorikan sebagai critical risk dengan level risiko termasuk unacceptable sehingga perlu segera dikendalikan apabila terjadi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah hasil RPN didapatkan risiko kegagalan tertinggi diprioritaskaan pada kegagalan penentuan obat, kelengkapan dan penulisan resep. Saran yang diberikan adalah mengembangkan metode FMEA berupa instrumen pengukuran yang detail dan lengkap agar insiden dapat segera ditangani dan terdeteksi lebih awal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 208-16 Les a
Uncontrolled Keywords: failure modes and effects analysis, keselamatan pasien, risk priority number
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
DHEVY CITRA AYU LESTARI, 101211131198UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSetya Haksama, Dr. , drg.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 10 Nov 2016 19:57
Last Modified: 22 Feb 2018 22:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45640
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item