FAKTOR YANG MENPENGARUHI TINGKAT KECEMASAN PADA LANJUT USIA (LANSIA) DI RW 1, KELURAHAN PLOSO, KECAMATAN TAMBAKSARI, KOTA SURABAYA

DIAH ANGGRAENI, 101211131215 (2016) FAKTOR YANG MENPENGARUHI TINGKAT KECEMASAN PADA LANJUT USIA (LANSIA) DI RW 1, KELURAHAN PLOSO, KECAMATAN TAMBAKSARI, KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 224-16 Ang f.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Semakin meningkatnya jumlah lanjut usia, akan menimbulkan permasalahan yang kompleks baik dari masalah fisik maupun psikososial (mental). Kecemasan termasuk salah satu masalah kesehatan jiwa yang sering terjadi pada lansia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi tingkat kecemasan pada lansia di RW 1, Kelurahan Ploso, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode observasional dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah semua lansia yang berusia diatas 60 tahun yang tinggal di RW 1, Kelurahan Ploso, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya dengan besar sampel 43 lansia. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simpel random sampling. Tingkat kecemasan lansia merupakan variabel terikat dalam penelitian ini. Sedangkan variabel bebas adalah faktor internal (jenis kelamin, tingkat pendidikan, status perkawinan, status kesehatan, tingkat spiritual dan persepsi diri) dan faktor eksternal (dukungan keluarga dan dukungan sosial). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan dan dukungan keluarga berpengaruh terhadap tingkat kecemasan pada lansia (p<0,05). Hasil analisi pengaruh dengan regresi ordinal, dengan tingkat kepercayaan α= 0,05 menunjukkan bahwa nilai signifikansi tingkat pendidikan p= 0,003 dan dukungan keluarga p= 0,003. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa terdapat pengaruh faktor internal yang meliputi tingkat pendidikan dan faktor eksternal yaitu dukungan keluarga terhadap tingkat kecemasan pada lansia di RW 1, Kelurahan Ploso, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 224-16 Ang f
Uncontrolled Keywords: Tingkat kecemasan lansia, tingkat pendidikan, dukungan keluarga
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
DIAH ANGGRAENI, 101211131215UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNunik Puspitasari, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 13 Nov 2016 17:25
Last Modified: 29 Mar 2018 01:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45659
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item