STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENSOSIALISASIKAN KONSEP TRI HITA KARANA PADA KARYAWAN NON-HINDU DI BALI NIKSOMA BOUTIQUE BEACH RESORT

NI PUTU YUNITA ANGGRESWARI, 071414853019 (2016) STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENSOSIALISASIKAN KONSEP TRI HITA KARANA PADA KARYAWAN NON-HINDU DI BALI NIKSOMA BOUTIQUE BEACH RESORT. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TSK.06-16 Ang s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada “Strategi Public Relations dalam Mensosialisasikan Konsep Tri Hita Karana pada Karyawann non-Hindu di Bali Niksoma Boutique Beach Resort”.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keberadaan seorang Public Relations dalam sebuah organisasi untuk memberikan sosialisasi terkait dengan nilai-nilai yang berlaku dalam sebuah organisasi. Seperti halnya Bali Niksoma Boutique Beach Resort yang mengadopsi konsep Tri Hita Karana sebagai budaya organisasi, konsep Tri Hita Karana merupakan konsep yang diadopsi dari ajaran agama Hindu sehingga memerlukan strategi sosialisasi yang mumpuni agar konsep Tri Hita Karana dapat diterapkan dengan maksimal di Bali Niksoma Boutique Beach Resort. Konsep Tri Hita Karana selaku konsep Hindu tentu tidak mudah untuk diterima oleh karyawan yang memiliki agama berbeda di lingkungan hotel, untuk itu Public Relations Bali Niksoma Boutique Beach Resort perlu memiliki strategi untuk melakukan sosialisasi terkait dengan implementasi konsep Tri Hita Karana. Konsep Tri Hita Karana sendiri memiliki arti tiga penyebab kesejahteraan manusia dengan menerapkan tiga elemen yang terdiri dari Parhyangan (keharmonisan hubungan organisasi dengan Tuhan, Pawongan (keharmonisan hubungan organisasi dengan masyarakat internalnya) dan Palemahan (kesediaan organisasi menjaga alam lingkungannya). Penelitian ini juga mengkaji mengenai proses internalisasi dari karyawan non-Hindu usai menerima sosialisasi dari pihak perusahaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan strategi Public Relations dalam mensosialisasikan konsep Tri Hita Karana pada masyarakat internal organisasi (karyawan) yang menganut keyakinan berbeda di Bali Niksoma Boutique Beach Hotel.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Temuan dari penelitian ini adalah Public Relations Bali Niksoma Boutique Beach Resort melakukan sosialisasi mengenai konsep Tri Hita Karana dengan menggunakan empat proses Public Relations dari Cutlip yang terdiri dari Mendefinisikan Masalah, Perencanaan dan Pemrograman, Aksi dan Komunikasi, Evaluasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.06/16 Ang s
Uncontrolled Keywords: Public Relations, Strategi Sosialisasi, Proses Internalisasi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity
H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
NI PUTU YUNITA ANGGRESWARI, 071414853019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHenri Subiakto, Prof. Dr., S.H.,M.A.UNSPECIFIED
ContributorSanti Isnaini, Dr., S.Sos.,M.M.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 13 Nov 2016 18:31
Last Modified: 13 Nov 2016 18:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45666
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item