PENAMPILAN EROTISME DALAM IKLAN MAKANAN (Kajian Semiotik Erotic Appeals dalam Iklan Makanan)

Kirana Ayudya, 071414853017 (2016) PENAMPILAN EROTISME DALAM IKLAN MAKANAN (Kajian Semiotik Erotic Appeals dalam Iklan Makanan). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (887kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
TSK.09-16 Ayu p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menganalisa mengenai daya tarik erotis yang ditampilkan dalam iklan makanan. Iklan Carl’s Jr versi The New Big Sausage Breakfast, iklan Timtam Slam, Iklan susu kemasan Valio sebagai objek penelitiannya. Penelitian ini menganalisa bagaimana penggambaran erotic appeals (penampilan erotis) dan metafora erotisme dalam iklan makanan, kemudian bagaimana imajinasi-imajinasi erotis dimetaforakan melalui kode-kode makanan yang divisualkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan semiotika metafora, dengan tujuan mengungkap keterkaitan penggunaan daya tarik erotisme pada iklan makanan dan komodifikasi daya tarik erotisme dalam iklan. Bahwa tidak hanya menggunakan daya tarik erotisme sebagai alat untuk mendapatkan perhatian khalayak tetapi juga tubuh perempuan dijadikan komoditi, namun pengiklan atau produser kurang memperhatikan dari segi aspek budaya, etnis, dan umur. Dimana iklan dalam objek penelitian dengan mudah diakses oleh pengguna internet di seluruh belahan dunia. Setiap konsumen berlatar belakang budaya yang berbeda-beda, tidak hanya dari Barat tetapi juga dari timur, terutama yang adat ketimurannya masih kental, maka konsumen dapat melakukan resistensi terhadap produk yang diiklankan karena tidak sesuai dengan latar belakang budayanya. Karena iklan bagian dari sistem kapitalis dimana keuntungan dan komoditi adalah segalanya, pentingnya pihak kreatif memperhatikan sisi psikologis dan estetika iklan produk makanan agar pesan yang disampaikan maknanya tidak bergeser yang dapat merubah citra produk yang diiklankan, agar memperkecil resistensi khalayak terhadap produk yang diiklankan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.09/16 Ayu p
Uncontrolled Keywords: Iklan, Daya Tarik Erotisme, Metafora
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Kirana Ayudya, 071414853017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRachmah Ida, Prof.UNSPECIFIED
ContributorDede Oetomo, Ph. D.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 13 Nov 2016 18:57
Last Modified: 13 Dec 2017 16:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45669
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item