REPRESENTASI FEMALE-MASCULINITY DALAM IKLAN PARFUM

FEBITYA AYU ADISCA, 071414853016 (2016) REPRESENTASI FEMALE-MASCULINITY DALAM IKLAN PARFUM. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (887kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
TSK.11-16 Adi r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Representasi Female-Masculinity dalam Iklan Parfum merupakan sebuah penelitian yang mengkaji keberadaan perempuan dalam iklan parfum yang menjadi komoditas utama. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis makna denotasi dan konotasi representasi female-masculinity dalam iklan parfum Chanel No.5. Peneliti tertarik mengkaji dan menganalisis representasi female-masculinity dalam iklan parfum karena masih banyak penelitian lain yang membahas potret perempuan terbatas pada stereotipe feminitas, yakni perempuan yang tersubordinasi, bukan sebaliknya. Selain itu, peneliti juga melihat bagaimana parfum Chanel No.5 melekatkan konsep female-masculinity yang tergambarkan dalam iklan parfum Chanel No.5 versi “The One that I Want” (2014). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif dengan pisau analisis Semiotik dari Roland Barthes. Dari hasil analisis, peneliti menemukan bentuk perpaduan stereotip feminitas dan maskulinitas sebanyak 5 hal, yakni kecantikan secara maskulin atau beauty masculine; kedua adalah saat perempuan memiliki tingkah laku maskulin secara fisik (being physically masculine); ketiga adalah pentingnya suatu keterikatan hubungan (relationship does matter); kombinasi keempat adalah sikap mandiri (independency); dan yang terakhir adalah sang pemilih cinta (the decision maker of love). Kemudian representasi female-masculinity dilekatkan lewat gestur, jalan cerita, lokasi, ekspresi wajah, properti, dan pemilihan warna. Mitos yang muncul adalah perempuan yang memiliki sikap ataupun sifat maskulin, tetap terikat dengan label perempuan secara biologis dan stereotip feminitas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.11/16 Adi r
Uncontrolled Keywords: iklan parfum, Chanel No.5, female-masculinity, stereotip feminitas dan maskulinitas
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ802.5 Matrimonial advertisements
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
FEBITYA AYU ADISCA, 071414853016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachmah Ida, Prof., Dra., M.Comm., Ph.D.UNSPECIFIED
Thesis advisorYayan Sakti Suryandaru, Dr., M. SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 13 Nov 2016 19:12
Last Modified: 13 Dec 2017 16:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45671
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item