PENERIMAAN KHALAYAK PEREMPUAN TERHADAP KONSEP KECANTIKAN IKLAN TELEVISI PRODUK CITRA

Amelia Agustina Herlianto, 071414853012 (2016) PENERIMAAN KHALAYAK PEREMPUAN TERHADAP KONSEP KECANTIKAN IKLAN TELEVISI PRODUK CITRA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (814kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
TSK.12-16 Her p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penerimaan khalayak perempuan Surabaya mengenai konsep kecantikan yang ditayangkan pada iklan Citra tahun 1990, 2000, 2003 dan 2014. Penelitian ini menarik karena Citra merupakan produk merek lokal Indonesia yang setiap tahunnya secara rutin mengeluarkan iklan televisi dan secara konsisten mengangkat konsep kecantikan kulit Indonesia. Dengan menggunakan teori Stuart Hall, metode reception analysis, peneliti berharap dapat menjabarkan penerimaan khalayak dari konsep kecantikan dalam iklan produk Citra melalui proses encoding dan decoding oleh audien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam iklan pertama didapati bahwa informan A, C, dan D berada pada posisi dominan hegemonik. Informan B berada pada posisi oposisional. Sedangkan informan E berada posisi negosiasi. Pada iklan didapat informan C dan D berada pada posisi dominan hegemonik. Sedangkan informan A berada pada posisi negosiasi. Informan B dan E berada pada posisi oposisional. Pada iklan ketiga, semua informan berada pada posisi dominan hegemoni. Pada iklan keempat, informan A, D dan E berada pada posisi dominan hegemonik. Sedangkan informan B berada pada posisi negosiasi. Informan C berada pada posisi oposisional. Berbagai perbedaan tersebut tentunya tidak lepas dari latar belakang, SES (Social Economy Status), budaya, etnis, usia informan dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.12/16 Her p
Uncontrolled Keywords: Penerimaan, Kecantikan Indonesia, Iklan, Surabaya
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ802.5 Matrimonial advertisements
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Amelia Agustina Herlianto, 071414853012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorYayan Sakti Suryandaru, Dr., S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
ContributorSuko Widodo, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 13 Nov 2016 19:20
Last Modified: 13 Dec 2017 16:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45672
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item