CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. SEMEN INDONESIA (PERSERO) TBK. DALAM BLOG PESERTA WISATA EDUKASI GREEN INDUSTRY (Perspektif Critical Discourse Analysis)

Ahmad Shofiudin Latif, 071414853046 (2016) CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. SEMEN INDONESIA (PERSERO) TBK. DALAM BLOG PESERTA WISATA EDUKASI GREEN INDUSTRY (Perspektif Critical Discourse Analysis). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (455kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
TSK.16-16 Lat c FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
TSK.16-16 Lat c LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karya tulisan blogger Wisata Edukasi Green Industry (WEGI) tentang Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Semen Indonesia (Persero) (PTSI) dengan perspektif Critical Discourse Analysis (CDA). Karya tulisan yang akan dikaji merupakan hasil dari keikutsertaan blogger pada program WEGI dalam rentang program edisi pertama (Desember 2014) hingga ketiga (Juni 2015). Program WEGI merupakan salah satu perwujudan tanggung jawab sosial PTSI dalam hal keterbukaan korporasi dan pelibatan stakeholder dalam mendiskusikan isu-isu green industry. Penelitian dilatarbelakangi oleh adanya beberapa tanggapan negatif dan skeptis stakeholder terhadap sebuah program public relations perusahaan yaitu WEGI. Program WEGI memiliki beberapa output yang salah satunya adalah tulisan dari blogger peserta program. Konten dari blog tersebut merupakan cerminan atau ringkasan dari kegiatan blogger dalam program WEGI. Beberapa stakeholder dalam cyberspace menganggap WEGI yang berkonten edukasi green industry dan penerapan CSR perusahaan merupakan upaya pembohongan dan maipulasi yang dilakukan PTSI agar mendapatkan dukungan blogger dalam pembangunan pabrik Rembang. Tudingan tersebut tak lepas dari konten program yang materinya lebih banyak tentang pembangunan pabrik Rembang. Selain itu juga adanya sesi pemberian hadiah maupun uang saku membuat beberapa netizen menuding hal tersebut sebagai upaya manipulatif terhadap blogger agar memberikan dukungan kepada PTSI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana blogger peserta WEGI merepresentasikan discourse CSR PTSI dalam dalam tulisannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Critical Discourse Analysis (CDA) dari Norman Fairclough yang didalamnya juga menerapkan analisis ketransitifan bahasa dan analisis Language of Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan adanya tema-tema representasi discourse CSR PTSI yang antara lain adalah pencapaian, identifikasi, aspirasi, apresiasi, pengakuan yang berkaitan dengan CSR PTSI dan juga tema identifikasi bidangbidang CSR PTSI yaitu Investasi Sosial, Tata Kelola, Pengembangan Perekonomian, dan Pelestarian Lingkungan & Keberlanjutan. Munculnya tematema discourse CSR tersebut dipengaruhi oleh relasi sosial dan relasi kekuasaan antara blogger dan PTSI dalam program WEGI dimana kompetensi, pengetahuan, dan kekuasaan yang dimiliki PTSI turut membentuk representasi CSR yang tertulis pada blog peserta WEGI. Sementara praktik CSR PTSI dipengaruhi oleh beberapa determinan antara lain kebijakan pemerintah dan juga tekanan dari masyarakat maupun LSM.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.16/16 Lat c
Uncontrolled Keywords: Teks, Legitimasi, Critical Discourse Analysis, CSR, Blog.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Ahmad Shofiudin Latif, 071414853046UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMustain Mashud, Prof. Dr., Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorDjoko W. Tjahjo, Dr., SE., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 13 Nov 2016 20:35
Last Modified: 13 Dec 2017 16:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45678
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item